10 Driver Online Pengantar ‘Tuyul’ ditangkap Polisi, Gini Nih Cara Kerja Tuyulnya


Palingseru.com – Kamu semua pasti terkejut ketika membaca headline di atas. Ya, akhir-akhir ini masyarakat Indonesia memang tengah diresahkan kehadiran sosok makhluk halus pencuri uang alias tuyul. Namun, tuyul yang dimaksud pada kali ini bukan lah makhluk halus sungguhan, melainkan ‘order fiktif’.

Seperti dikutip TribunJakarta.com, 10 driver taksi online yang tergabung dalam PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab) telah melakukan order fiktif, hingga menimbulkan kerugian sebesar Rp 300 juta.

Mereka adalah RJ, FA, YR, DA, ET, PA, MA, FF, WT, GJH.

“Kesepuluh orang itu kami tangkap di Jalan Aries Utama, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Rabu kemarin (24/1/2018),” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Adapun cara kerjanya, dijelaskan oleh Argo, para pelaku awalnya mendaftar sebagai driver taksi online di perusahaan tersebut. Setelah diterima, para pelaku kemudian memodifikasi aplikasi Grab yang ada di handpone, guna memanipulasi sistem. Dengan kata lain, menggunakan aplikasi Fake GPS.

“Seolah-olah pelaku melakukan pekerjaan mengantar atau pun menjemput konsumen, padahal palsu, kemudian pelaku mendapatkan keuntungan berupa insentif dari pihak Grab sehingga pihak Grab Indonesia dirugikan sekitar Rp 300 juta,” paparnya.

Polisi pun telah menyita sejumlah ponsel yang digunakan para pelaku untuk melancarkan aksinya. Bukan cuma itu, kartu ATM, dan enam mobil pelaku pun turut disita.

More From: Berita Menarik