5 Zona Seru di Taman Pintar Yogyakarta, Anak-Anak Wajib ke Sini!


Palingseru.com – Liburan bisa juga sambil belajar loh. Salah satu tempat wisata di Yogyakarta ini tempatnya. Yap! Kamu bisa ajak anak-anak bermain sekalian menimba ilmu di Taman Pintar yang dibangun pada Mei 2006 dan diresmikan pada Juni 2007. Diberi nama Taman Pintar, karena di sini anak-anak mulai usia pra sekolah sampai sekolah menengah bisa dengan leluasa belajar lebih detail materi-materi yang mereka terima dari sekolah.

Di taman pintar ini, kamu tak akan merasa bahwa belajar itu membosankan. Tempat ini justru memberi pengalaman seru dalam mempelajari sesuatu. Tentunya anak-anak bakal lebih mudah memahami, karena di Taman pintar ini juga disediakan sarana praktek dan percobaan dari teori ilmu pengetahuan yang diterima di sekolah. Ada lima zona yang ada di tempat ini, yang masing-masing punya fungsinya sendiri. Apa saja itu? Yuk kita simak!

Playground

Yang pertama, ada playground yang menyambut pengunjung Taman Pintar. Ada berbagai alat peraga dan bermain yang seru dan menyenangkan, tak hanya untuk anak-anak saja, tapi juga untuk keluarga. Semua peralatan dan permainan yang ada di dalam sini bisa dipakai secara cuma-cuma. Anak-anak bisa membelajari bunyi nada, melatih ketangkasan, dan masih banyak lagi hal seru lainnya yang dilakukan di playground ini.

Gedung PAUD Barat dan Gedung PAUD Timur

sumber:tamanpintar.co.id

Fasilitas PAUD di Taman Pintar berupa dua bangunan bersejarah yang terletak di bagian depan Gedung Oval & Kotak. Berbagai fasilitas edukasi disediakan di beberapa ruang dengan tema tertentu, seperti ruang flora fauna, religi budaya, sains teknologi, dan sebagainya. Ada pula ruang khusus yang menyajikan pengetahuan tentang kecanggihan teknologi digital, seperti permainan interaktif dengan sensor, boneka berteknologi mekanik robot, dan lainnya.

Gedung Oval – Kotak

Dalam gedung yang ini, terdapat berbagai alat peraga yang berhubungan dengan edukasi sains. Seperti di wahana-wahana lainnya, di gedung oval dan kotak ini semua peralatan yang dikemas menyenangkan dan tentunya seru untuk diperagakan. Berbeda dengan PAUD yang lebih cocok untuk anak-anak, isi dari gedung ini cocok diakses semua lapisan pengunjung, hingga orang dewasa. Kamu juga bisa coba nih!

Gedung Memorabilia

Nah, di sini kamu bisa belajar banyak sejarah Indonesia. Kalau di sekolah dulu kamu selalu ketiduran saat guru menerangkan bagaimana terjadinya peperangan di negara kita, di Gedung Memorabilia Taman Pintar ini kau bisa flashback. Kamu bisa pelajari sejarah Kasultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, menilik lagi gambar tokoh-tokoh Pendidikan, juga mempelajari kembali siapa saja Presiden RI sejak pertama hingga saat ini.

Planetarium

Sesuai namanya, kamu pasti sudah tahu kan tempat apa ini? Yap! Di sini kamu bisa mencoba berbagai alat peraga dan menonton pertunjukan film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya. Anak-anak bisa mengenal nama-nama rasi bintang, dan mempelajarinya lebih dalam lagi. Pastinya banyak sekali anak-anak yang tertarik mempelajari hal-hal berbau ruang angkasa ini. Apa anakmu termasuk salah satunya? Bawa mereka ke sini ya!

Nah, itu tadi lima zona yang bisa kamu datangi jika memilih untuk menghabiskan satu hari libur di tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini. Kamu juga bisa mencari tempat wisata lainnya di halaman Traveloka Aktivitas & Rekreasi, jika memang menjelajah Taman Pintar masih belum cukup untuk liburanmu dalam sehari. Ada banyak pilihan yang pastinya bikin anak-anak juga senang. Well, selamat menikmati liburan di Yogyakarta!

More From: Wisata dan Kuliner