8 November 1939: Adolf Hitler lolos dari upaya pembunuhan di Munich.


Pembunuhan Hilter Pada 73 tahun lalau ada sebuah kejadian dimana Adolf Hitler  pemimpin besar Nazi lolos dari upaya pembunihan di kota Munic, Jerman.

Pada bulan November adalah bulan ketika Hitler selalu menghadiri sebuah pertemuan yang rutin berlangsung di Aula Beer Putsch. Dan di dalam pertemuan yang berlangsung pada 1939, seorang tukang kayu bernama George Elser berhasil lolos dari pemeriksaan dan masuk ke dalam aula tanpa memperoleh kesulitan berarti untuk menanamkan sebuah bom.

Elser memutuskan untuk membunuh Hitler saat itu juga dengan cara menaruh bom waktu di tiang belakang podium tempat Hitler memberikan pidato di Aula Beer Putsch Munich pada 8 November 1939.

Namun tanpa disangka Hitler yang biasanya selalu memberikan pidato yang panjang, saat itu hanya melakukan sambutan lebih singkat daripada pidato-pidato sebelumnya. Dan percobaan pembunuhan ini berakhir gagal disebabkan oleh jadwal pidato Hitler selesai 8 menit lebih awal dari waktu yang dijadwalkan.

Akibatnya, 13 menit setelah Hitler meninggalkan Aula Beer Putsch bom itu meledak dan membunuh delapan orang (tujuh anggota Nazi) dan melukai enam puluh lima orang yang hadir pada acara tersebut.

Johann Georg Elser, lahir 4 Januari 1903, adalah seorang pengrajin meubel yang bekerja di tempat penjualan kayu milik ayahnya. Ia sangat membenci kebijakan Nazi yang melarang organisasi perserikatan buruh dan pembatasan kebebasan beragama.

Setelah kejadian tersebut, Johann Elser dieksekusi oleh anggota SS (Organisasi militer Nazi) pada 9 April 1945, dua minggu sebelum Perang Dunia II berakhir di Eropa.

baca juga:2 Agustus 1934: Adolf Hitler Menjadi Kepala Negara Jerman

Inilah Lukisan Cinta Berharga Karya Adolf Hitler

More From: Hari Ini