You Are Here: Home » Gaya Hidup » 10 Cara Bebas Dari Hutang

Bebas dari hutang

Cara Bebas Dari Hutang – Hutang merupakan masalah keuangan yang sering dialamai setiap orang jika kita tidak memiliki uang maka kita akan berhutang kepada orang tertentu, jika hutang sudah terlalau banyak maka kita akan pusing untuk membayar hutang tersebut sehinga banyak orang yang akan setres jika memiliki banyak hutang. Orang yang tidak memiliki hutang biasa memiliki kehidupan yang lebih baik dibandingkan orang yang memiliki banyak hutang, nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bebas dari jeratan hutang yang menumpuk mau tahu bagai mana caranya simak 10  Cara Bebas Dari Hutang berikut ini.

1. Jangan gunakan kartu keridit

Setiap keluarga yang terjebak dengan utang pastilah menggunakan kartu kredit sebagai salah satu cara untuk menutupinya. Namun, itu bukan salah satu cara yang terbaik agar tidak terjerat utang. Keluarga harus mulai menggunakan uang yang ada dengan memulai membuat anggaran dari pendapatan hingga pengeluaran setiap harinya.

Anggaran yang ada harus dipatuhi setiap hari, karena isinya harus mencakup keseluruhan pengeluaran, mulai dari belanja bahan pokok hingga anggaran ponsel dan hiburan. Sebagai contoh, kebutuhan pokok rumah tangga 35 persen dari anggaran, utang 15 persen, kehidupan sehari-hari 25 persen, transportasi 15 persen dan tabungan 10 persen.

2. Cicil Hutang yang ada

Cara paling ampuh untuk dapat terbebas dari jerat utang adalah dengan membayar cicilan secara bertahap. Semakin besar cicilan yang dibayar maka beban bunganya akan semakin kecil. Dengan bunga yang semakin kecil, maka anda tidak perlu gelisah akan membengkaknya tagihan. Hal mungkin dilakukan dengan bicara dengan bank mengenai utang anda serta dapat mengurangi tingkat bunganya

3. Bawa uang tambahan

Membawa tambahan uang kemana saja, merupakan cara untuk dapat menghindari utang. Dan mulailah mencari tambahan pekerjaan tanpa menganggu pekerjaan utama. Seperti berjualan cemilan di kantor, memberikan les piano atau menjual makanan buatan sendiri serta dapat menghasilkan beberapa ide yang kreatif yakni menjadi web desainer, perencana pesta dan lain sebagainya.

4. Utamakan prioritas

Tentukan prioritas dalam merencanakan keuangan di masa depan. Contoh prioritas yang menjadi penting yakni melanjutkan sekolah dengan mengambil separuh kerja sedangkan biaya rumah, bayi, uang sekolah dapat dibicarakan baik-baik dengan keluarga.

5. Bayar hutang yang memiliki nilai tinggi dahulu

Mulailah melunasi utang yang bunganya lebih tinggi dulu, jangan nilai utang yang paling banyak. Setelah itu gunakan uang ada untuk menutupi utang tersebut, sehingga sisa uang dapat dipergunakan untuk menabung.

6. Jangan keluar jalur

Terbebas dari utang bukan perkara mudah. Karena, bisa-bisa menghancurkan hidup Anda. Mulailah fokus untuk menyusun anggaran. Jika sudah menikah, pasangan anda jangan sampai tidak disiplin dan keluar jalur. Selama sudah mempunyai rencana awal, maka utang dapat terlunasi dan Anda tetap berada di dalam jalur.

7. Hemat dan sedikt belanja

Dalam merencanakan untuk mengurangi utang, bukan berati harus irit atau tidak boleh berbelanja. Apalagi berbelanja bahan-bahan pokok. Yang harus diingat, jika ada uang tambahan, maka harus diutamakan adalah segera melunasi utang. Sebagai contoh, saat merencanakan untuk menikah atau sekolah, jangan tergesa-gesa untuk membatalkan rencana tersebut namun harus mencari alternatif pendanaan yang lebih murah sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan.

8. Jangan Makan diluar

Makan di luar rumah memang lebih mahal dibandingkan masak di rumah. Membuat masakan sendiri dapat lebih mendekatkan dengan keluarga. Yang harus diingat yakni bukan hidangan yang mahal namun kebersamaan yang paling penting.

9. Manajeman keuangan diri sendiri

Untuk terbebas dari utang, harus mulai mengatur diri. Mulailah dengan menyimpan berkas yang berkaitan dengan utang, sehingga tidak bercampur dengan berkas yang lain. Setiap berkas cantumkan pemberian nama agar lebih mudah mencarinya kembali.

10. Relakan tidak membeli barang kesayangan

Untuk dapat terbebas dari utang, salah satu dengan merelakan sesuatu yang menjadi penting atau paling disukai oleh diri kita. Contohnya, koleksi benda antik, figure, barang elektronik yang mahal yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Pasti untuk melepaskan itu semuanya rasanya memang sulit, tapi semuanya demi tujuan yang lebih baik. Bahkan jika perlu, anda bisa menjual barang-barang yang cukup penting, seperti motor, mobil, perhiasan, perabotan atau apapun yang bisa dilakukan untuk menutup utang. Relakan saja demi hidup yang lebih baik.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk terbebas dari jeratan hutang yang menyiksa.

baca juga: 10 Mata Uang Tertua yang Pernah ada di Indonesia

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber palingseru.com tanks!!

Instal Aplikasi Launcher Palingseru.com di Sini
Baca Palingseru.com di ponsel kamu melalui http://m.palingseru.com
Follow Twitter Kami

Ditulis Oleh:
Tags: ,

    Apa Komentar Kamu...