Kisah Pendarahan Mata Remaja ini Jadi Viral! Benarkah Gara gara Keseringan Main Hp


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Para pengguna media sosial belakangan ini dikejutkan dan ditakutkan oleh sebuah unggahan foto yang menampilkan foto seorang remaja laki-laki dengan kondisi bola mata memiliki noda darah.

Yang membuat warganet semakin takut ialah penyebabnya yang disebutkan akibat main handphone terlalu lama.

Info dari RSAL Dr.Mintohardjo. (Remaja) umur 15 tahun pembuluh matanya pecah, karena kebanyakan main HP/tablet.

“Lebih lebih main HP sambil tiduran.

“Mari sayangi mata kita…. Cegah main HP terlalu lama,” begitu tulis akun Instagram Duniapunyacerita, Sabtu (8/7/2018).

Seperti diketahui, manusia di era modern saat ini banyak sekali menghabiskan waktunya dengan memainkan gadget. Terutama anak di bawah umur.

Dengan maraknya kebiasaan buruk ini, sejumlah pemilik akun Instagram ternama pun kerap mengunggah foto pecandu gadget yang terkena dampak dari kebiasaan buruk tersebut.

Tapi sayangnya, tidak semua yang diunggah oleh mereka benar adanya.

Seperti foto di atas.

Dikutip TribunStyle.com dari Alodokter, perdarahan pada bola mata remaja laki-laki itu disebut pendarahan subkonjungtiva. Pendarahan ini dapat terjadi bukan karena disebabkan terlalu lama main gadget. Main gadget jarang sekali dan bahkan memiliki peluang sangat kecil untuk menimbulkan perdarahan pada mata.

Adapun hal yang dapat menyebabkan perdarahan, diantaranya benturan, trauma, atau mengucek mata terlalu keras.

“Perdasarah subkonjungtiva bisa disebabkan terlalu keras bersin atau batuk, mengangkat barang berat, muntah, atau cedera mata akibat infeksi berat, mengucek mata terlalu kasar, maupun trauma seperti benda asing melukai mata.”

“Kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, gangguan pembekuan darah, diabetes, atau konsumsi obat-obatan pengencer darah bisa menjadi faktor risiko terjadinya perdarahan subkonjungtiva.”

“Kondisi ini biasanya tidak berbahaya dan dapat pulih dalam 1-2 minggu. Kamu mungkin memerlukan tetes mata seperti air mata buatan untuk menyejukkan mata.”

More From: Berita Menarik