You Are Here: Home » Wisata dan Kuliner » 5 Tempat Wisata Favorit di Semarang

Tempat Wisata  di Semarang – Kota Semarang merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah kota terbesar di Jawa Tengah ini ternyata memiliki tempat wisata yang sangat asik untuk dikunjungi ketika liburan tiba. Nah kamu ingin tahu tempat wisata yang asik di kunjungi di Semarang simak 5 Tempat Wisata Favorit di Semarang berikut ini.

1. Lawang Sewu
Lawang Sewu
Bagi sebagian traveler, mampir ke Lawang Sewu adalah wajib hukumnya saat liburan ke Semarang. Gedung tua ini memang sudah menjadi landmark-nya Kota Semarang. Sampai-sampai, sebanyak 34 persen d’Traveler telah membuatnya menjadi nomor satu di Semarang.

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah di Semarang. Gedung ini merupakan peninggalan Belanda kala menjajah Jawa Tengah. Hal tersebut terlihat jelas dari arsitekturnya yang mempunyai gaya khas bangunan Eropa. Dulunya, Lawang Sewu adalah kantor pusat kereta api yang digunakan oleh pemerintah Belanda atau dikenal sebagai Nederlandsche Indische Spoorweg Maschaappij (NIS).

Terlepas dari sejarahnya, Lawang Sewu adalah destinasi wisata yang indah. Lawang Sewu memiliki arti seribu pintu. Julukan tersebut lahir dari masyarakat karena banyaknya pintu dan jendela yang berukuran besar. Untuk bisa masuk ke dalam bangunan megah nan indah ini, wisatawan cukup membayar Rp 10.000 saja.

Lorong-lorong panjang dan langit-langit yang tinggi di gedung berlantai dua tingkat ini, menjadi pemandangan khas di dalamnya. Dari jendela-jendela besarnya, tampak Kota Semarang dari atas ketinggian. Cantik!

2. Kota Lama
Kota Lama
Kalau Jakarta punya kawasan Kota Tua, sama halnya dengan Semarang yang memiliki Kota Lama. Ini adalah pusat perdagangan Semarang pada abad ke-19 sampai 20. Tapi pesonanya tidak habis sampai di situ saja. Hingga saat ini, pesona Kota Lama mampu menghipnosis sebanyak 28 persen d’Traveler.

Kota Lama berada tidak jauh dari Simpang Lima Semarang, jaraknya sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Sesampainya di sana, Anda seakan diajak kembali ke masa lalu. Jejeran bangunan tua masih terlihat apik di sini. Kawasan ini dikelilingi oleh sungai dan jalan besar, sehingga terlihat seperti kota yang berada di dalam kota.

Kota Lama juga mendapat julukan ‘Little Netherland’. Hal tersebut karena di kawasan ini masih berdiri kokoh bangunan peninggalan Belanda. Bangunan dengan pintu dan jendela yang besar makin memperkental nuansa Eropa di Semarang. Saat akhir pekan, tidak sedikit wisatawan yang datang ke sini. Kota Lama juga menjadi salah satu lokasi favorit untuk pre-wedding.

3. Simpang Lima

Simpang Lima

Kalau yang satu ini adalah yang paling terkenal di Semarang, yaitu Simpang Lima. Ini adalah sebuah lapangan yang berada tepat di pusat kota. Simpang Lima dipilih sebanyak 23 persen d’Traveler saat berlibur di Semarang.

Beragam kegiatan masyarakat Semarang biasa dilakukan di sini. Lapangan ini menjadi muara dari 5 jalan besar sekaligus, yaitu Jl Pahlawan, Jl Pandanaran yang menjadi pusat oleh-oleh, Jl Ahmad Yani, Jl Gajah Mada, dan Jl A Dahlan. Sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang dengan sengaja mampir ke tempat ini.

Simpang Lima juga dijadikan sebagai Alun-alun Semarang, yang sebelumnya adalah Kauman. Sayang, kawasan Kauman saat ini sudah menjadi pusat perbelanjaan.

Tidak hanya masyarakat Semarang, wisatawan yang kebetulan sedang menginap di beberapa hotel di dekat Simpang Lima biasa melakukan beragam aktivitas di sini. Simpang Lima pun bak pusat kegiatan olahraga di akhir pekan. Tempat ini juga dikenal sebagai kawasan yang tak pernah tidur. Tidak hanya pagi hingga sore hari, tapi Simpang Lima ramai 24 jam.

4. Pasar Semawis
Pasar Semawis
Nah, kalau yang satu ini adalah tempat nongkrong seru di Semarang saat malam akhir pekan. Namanya Pasar Semawis, ini adalah pusat kuliner yang berada di kawasan pecinan Kota Semarang. Pasar malam ini dipilih sebanyak 7 persen d’Traveler.

Kawasan yang juga dikenal dengan nama Waroeng Semawis ini buka setiap malam akhir pekan, yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu. Pasar ini mulai dibuka pada tahun 2004, bertepatan dengan ditetapkannya Imlek sebagai hari libur nasional. Hingga kini, Pasar Semawis menjadi pusat jajanan terpanjang di Semarang.

Kota Semarang malam hari dengan lampion di kawasan pecinannya menjadi kolaborasi yang apik menemani Anda menyantap kuliner lezat. Hampir semua wisatawan yang datang ke sini biasanya mencari panganan khas Semarang. Makanan tradisional sampai yang modern ada di sini.

5. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah
Tak perlu jauh-jauh ke Madinah untuk bisa melihat masjid megah nan indah, Masjid Nabawi. Sebab Semarang punya replikanya yang sangat mirip, lengkap dengan payungnya yang bisa terbuka dan tertutup secara otomatis. Bangunan yang diberi nama Masjid Agung Jawa Tengah ini dipilih sebanyak 5 persen d’Traveler.

Masjid ini berada di Jalan Gajah Raya, Semarang. Karena payungnya yang seperti di Masjid Nabawi, membuat masjid ini sangat diminati wisatawan. Bahkan banyak juga traveler dari luar kota yang dengan sengaja datang untuk menyaksikan canggihnya payung tersebut.

“Ada 6 payung raksasa yang persis dengan yang ada di Nabawi,” kata Ketua Pengurus Umum Masjid Agung Jawa Tengah, Subiono kepada detikTravel, Rabu (21/11/2012).

Masjid ini mampu menampung sampai 15.000 jamaah. Di depannya, terdapat batu prasasti seberat 7,8 ton yang diambil langsung dari lereng Gunung Merapi. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga digunakan untuk agenda pendidikan dan syiar Islam. Uniknya, arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah adalah gabungan dari Jawa, Arab, dan Roma.

Tapi Semarang tidak selesai di 5 destinasi saja. Kota yang berulang tahun setiap tanggal 2 Mei ini masih punya banyak tempat wisata seru. Adalah Klenteng Sam Poo Kong (2 persen), Umbul Sidomukti (1 persen), dan Museum Kereta Api Ambarawa (1 persen) yang juga menjadi favorit para d’Traveler.

Nah ituloah beberapa tempat wisata favorit di kota Semarang yang bisa kamu kunjungi ketika liburan tiba.

baca juga: 7 Tempat Paling Angker di Jawa

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber palingseru.com tanks!!

Instal Aplikasi Launcher Palingseru.com di Sini
Baca Palingseru.com di ponsel kamu melalui http://m.palingseru.com
Follow Twitter Kami

Ditulis Oleh:

    Apa Komentar Kamu...