Seperti ini Nih 20 Kisah Haru dibalik Penyelamatan 13 Orang yang terjebak di dalam Gua Thailand


via: brilio.net

Palingseru.com – Beberapa waktu lalu, perhatian dunia tertuju pada Thailand. Pasalnya, 12 tim sepak bola remaja dan satu pelatih dilaporkan tengah berjuang untuk bertahan hidup di dalam Gua Tham Luang, lantaran terjebak setelah terjadi banjir bandang.

13 orang tersebut harus bertahan hingga dua pekan lamanya tanpa makan dan minum, sebelum akhirnya tim penyelamat dari berbagai negara datang menolong mereka.

Operasi penyelamatan pun akhirnya membuahkan hasil. 13 orang tersebut berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Mereka langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Nah ternyata, dibalik proses evakuasi yang sangat dramatis itu, ada 20 kisah haru lho. Berikut kisah lengkapnya, dihimpun dari Brilio.net.

1.Orang-orang yang memasak dan memberikan makanan secara gratis untuk tim penyelamat.
via: brilio.net
2.Komunitas muslim juga turun tangan dalam mempersiapkan makanan khususnya bagi tim penyelamat yang beragama Islam.
via: brilio.net
3.Seorang pria yang rela tempuh perjalanan 600 km demi bisa memberi makanan pada tim penyelamat.
via: brilio.net
4.Kisah mengharukan tentang sepasang pasutri yang memutuskan berangkat ke lokasi untuk memberikan dagangannya secara gratis kepada relawan dan tim penyelamat.
via: brilio.net
5.Seorang relawan ini mengumpulkan sayuran dan daging di pasar dari para penjual kemudian memasaknya untuk para relawan serta tim penyelamat.
via: brilio.net
6.Tidak hanya berupa makanan, para relawan juga memberikan banyak kantong sampah yang pastinya diperlukan oleh tim penyelamat.
via: brilio.net
7.Para pemijat ini juga turut membantu para tim penyelamat. Mereka memberikan tawaran memijat secara gratis.
via: brilio.net
8.Pria ini rela menempuh jarak hingga 200 km hanya untuk memberikan es krim kepada tim penyelamat.
via: brilio.net
9.Sadar kalau tim penyelamat membutuhkan jasanya, pemilik laundry ini pun memberikan jasa pencucian baju secara cuma-cuma.
via: brilio.net
10.Sebuah perusahaan yang mendonasikan sebanyak 40 unit peralatan menyelam kepada para tim penyelam.
via: brilio.net
11.Berbeda dengan sekelompok pria ini, mereka memberikan jasa tumpangan gratis untuk para relawan yang ingin menuju ke gua.
via: brilio.net
12.Kisah para pengumpul sarang burung yang ahli memanjat gua yang rela ngumpulin uang dari warga desa demi bisa terbang ke lokasi untuk membantu proses evakuasi. Kabarnya, mereka hanya memiliki tiket pesawat berangkat saja, untuk tiket pulang mereka tidak perduli bagaimana nantinya.
via: brilio.net
13.Seorang anak di Belanda yang menulis surat untuk perdana menterinya agar bisa membantu proses evakuasi, karena ia mengetahui bahwa negaranya memiliki sistem pompa yang bagus. Dan kabarnya, permintaan bocah ini dikabulkan.
via: brilio.net
14.John Volanthen, pemimpin penyelam dalam proses evakuasi. Tanpanya, evakuasi mungkin tak akan berjalan lancar.
via: brilio.net
15.Begitu juga dengan pria ini, tanpanya, proses evakuasi tidak akan berhasil. Pria ini sendiri merupakan penyelam asal Inggris yang pertama kali menemukan 12 anak dan pelatihnya.
via: brilio.net
16.Kerja keras para operator pompa air ini akhirnya terbayarkan.
via: brilio.net
17.Seorang pria yang memberikan mesin pompa air temuannya.
via: brilio.net
18.Kebutuhan yang diperuntukkan para tim penyelamat.
via: brilio.net
19.Dampak dari proses evakuasi, sawah para petani jadi tergenang. Tapi mereka tak keberatan atas kerugian itu, karena yang terpenting bagi mereka adalah keselamatan anak-anak dan pelatihnya. “Kita harus menyelamatkan anak-anak terlebih dahulu. Kalau padinya mati, biar saja. Kita bisa menanamnya lagi,” ungkap salah seorang petani.
via: brilio.net
20.Proses evakuasi yang dramatis ini telah menelan korban. Adalah Saman Gunan, mantan anggota Navy Seal Thailand. Ia tewas setelah 11 jam menyelam saat ingin memberikan tabung oksigen untuk 12 anak dan pelatihnya.
via: brilio.net

More From: Berita Menarik