Jika Bom Nuklir dijatuhkan di Monas, maka ini yang akan terjadi pada Jakarta!


via: intisari.grid.id

Palingseru.com – Semua pasti tahu seberapa besar kekuatan senjata nuklir. Kemampuan merusaknya bahkan berkali-kali lipat parah dari bom atom.

Nah belum lama ini, sejarawan sains dari Institut Teknologi Stevens, New Jersey, AS bernama Alex Wellerstein meluncurkan aplikasi interaktif yang disebut ‘Nukemap’.

Lewat aplikasi ini, pengguna bisa membayangkan atau mencoba “menjatuhkan” bom nuklir dengan berbagai ukuran di kota mana pun di dunia.

Jakarta adalah salah satu kota yang tak luput dari bahan percobaan ini.

Dalam percobaan ini, bom nuklir yang digunakan adalah bom nuklir terbesar milik AS, yakni B-23 dengan kekuatan 1,2 megaton atau 1.200 kiloton, melansir intisari.grid.id.

Dan hasilnya, apabila bom raksasa ini dijatuhkan tepat di kawasan Monumen Nasional (Monas) maka korban tewas diperkirakan mencapai 2.338.520 jiwa, sementara 4,5 juta jiwa menjadi korban luka.

Ledakan ini tidak hanya menimbulkan korban jiwa, seluruh bangunan di sekitar Monas juga akan hancur.

Sementara itu, dampak ledakan udara bisa mencapai kawasan Kelapa Gading, hingga sekitar Daan Mogot.

Sementara radiasi panas yang bisa menyebabkan minimal luka bakar tingkat tiga mencapai kawasan seluar 547 kilometer persegi. Radiasi panas ini bisa dirasakan warga yang tinggal di sekitar Bandara Halim Perdanakusuma, Pondok Indah, Ciledug, hingga ke perairan Teluk Jakarta yang jaraknya rata-rata 13-14 kilometer dari pusat ledakan.

Tak cukup sampai disitu, warga dalam radius 1.390 kilometer persegi (mulai dari wilayah selatan Jakarta hingga Bekasi) juga akan terkena dampak radiasi nuklir.

Bagaimana tanggapanmu?

More From: Berita Menarik