Dengan 5 Cara Mudah ini Kamu Bisa Bantu Rupiah Agar Tidak Terus Melemah Terhadap Dolar


via: today.line.me

Palingseru.com – Anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS memang tidak berdampak langsung pada masyarakat. Namun hal ini tetap saja menimbulkan kekhawatiran, pasalnya barang-barang yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia sebagian bahan bakunya masih diimpor.

Oleh karenanya, masyarakat juga harus turut andil untuk membantu rupiah menguat. Adapun cara yang bisa kamu lakukan seperti di bawah ini, dilansir dari today.line.me.

1.Berani pegang rupiah
via: today.line.me

Di tengah meningginya nilai tukar dolar AS, membuat masyarakat berbondong-bondong menukarkan uangnya ke dolar. Tapi hal ini justru akan memperpanjang masalah karena akan membuat nilai mata uang rupiah semakin menurun.

Untuk itu kamu harus berani pegang rupiah dan terus menggunakan mata uang ini.

2.Membeli produk lokal
via: today.line.me

Ini sama dengan kebijakan yang dibuat oleh Presiden Turki. Langkah sederhana dengan membeli produk lokal ini diyakini akan membuat rupiah semakin kuat. Selain menjaga keseimbangan rupiah, langkah ini juga sebagai bentuk apresiasi produk dalam negeri buatan anak bangsa.

3.Perbanyak transaksi dengan rupiah
via: today.line.me

Para sektor saat ini harus beralih menggunakan rupiah dalam transaksinya. Khususnya pariwisata yang rata-rata pengunjungnya turis mancanegara. Dengan membuat regulasi yang mengharuskan penggunaan mata uang rupiah pada turis asing, secara tidak langsung mereka akan membantu memperkuat nilai mata uang rupiah.

4.Tidak menukar rupiah ke dolar
via: today.line.me

Momen kenaikan nilai mata uang dolar AS pada rupiah saat ini banyak sekali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapat keuntungan. Tapi tahukah kamu bahwa ini justru membuat rupiah seperti ‘dikeroyok’.

Di sini, kita perlu rasa nasionalisme yang kuat untuk tidak tergoda mengambil keuntungan dari kejatuhan rupiah.

5.Mulai berhemat
via: today.line.me

Seperti kata petuah orangtua, bahwa hemat pangkal kaya. Namun berhemat di sini dimaksudkan agar kamu menyimpan dolar sebagai bagian dari portofolio keuanganmu, dan menukarkannya ke dalam rupiah untuk reksadana.

More From: Berita Menarik