Ini nih 5 Kasus Hoax Paling Fenomenal Sepanjang 2018


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang anti terhadap berita hoax alias palsu. Bahkan masyarakat telah membentuk sebuah gerakan bernama “Masyarakat Indonesia Anti Hoax” untuk melawan konten-konten berita hoax di media sosial.

Namun entah kenapa, Indonesia belakangan ini justru diramaikan dengan berita hoax. Yang lebih mirisnya, berita itu datang dari tokoh tanah air serta publik figur. Lalu, inilah deretan kasus hoax yang paling fenomenal sepanjang tahun 2018, dilansir dari TribunnewsBogor.com.

1.Ratna Sarumpaet
via: tribunnews.com

Ini adalah kasus yang sedang hangat diperbincangkan. Setelah pemerintah, serta pihak kepolisian dan publik dibuat berlarut dalam insiden yang menimpa aktivis Ratna Sarumpaet terkait pengeroyokan yang dilakukan orang misterius hingga membuat wajahnya luka lebam, ternyata itu hanyalah sandiwara.

Ya, terungkap jika wajah babak belur Ratna adalah efek samping dari proses sedot lemak wajah yang ia jalani. Meski sempat meminta maaf, namun kabarnya kasus ini akan dibawa ke ranah hukum.

2.Young Lex

Tak kalah heboh, selebgram dan youtubers asal Medan ini juga pernah membuat media sosial ramai lewat postingan fotonya dengan wajah lebam-lebam.

via: tribunnews.com

Dalam kolom keterangan, Young Lex menuturkan jika luka lebam itu adalah tindakan anarkis dari para fans K-Pop. Namun faktanya, itu hanya sebuah riasan saja.

3.Setya Novanto
via: tribunnews.com

Setya Novanto mungkin bisa dibilang ‘Raja’nya sinetron. Bagaimana tidak, ia sangat hebat dan piawai sekali dalam berakting. Termasuk menabrak tiang listrik hingga harus dirawat di rumah sakit.

Belakangan, sel tahanan yang ditempatinya kembali jadi sorotan dan perbincangan. Setya Novanto rupanya menempati sel tahanan dengan fasilitas mewah, bukan sel tahanan biasa yang ia sebutkan sebelumnya.

4.BBM Naik 2018

Ini adalah berita viral yang sempat menghebohkan khalayak tanah air. Beredar sebuah pesan singkat di WhatsApp dan Twitter yang menyatakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) 2018 akan naik, mencapai lebih dari 40% dari harga sebelumnya.

5.CPNS

Pengadaan CPNS pun tak luput dari tangan oknum tak bertanggungjawab. Banyak beredar pamflet berisikan seminar nasional mengenai pengadaan CPNS tahun 2018, dengan mematok harga Rp 100 ribu.

Hal ini pun langsung dibantah oleh pihak BKN dan beberapa instansi pemerintah.

More From: Berita Menarik