Warga Kepulauan Riau Sempat Heboh Gara gara ada 4 Matahari Muncul, Fakta Fakta ini Ternyata Bisa Jelaskan Fenomena Langka Itu


via: today.line.me

Palingseru.com – Fenomena empat matahari yang berlangsung di Kepulauan Riau beberapa hari lalu telah menimbulkan kehebohan. Banyak masyarakat yang dibuat bingung sekaligus khawatir, karena sebagian dari mereka mengaitkan fenomena tersebut dengan pertandanya akan datangnya bencana.

Tapi hal itu dibantah oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaludin. Menurutnya, fenomena empat matahari bukanlah suatu hal yang harus ditakutkan, karena mempunyai penjelasan tersendiri.

Lalu, apa penyebab munculnya fenomena empat matahari ini? Mari simak penjelasannya di bawah, dihimpun dari today.line.me.

Cuma di kaki langit

Fenomena empat matahari atau yang lebih dikenal dengan sun dogs (anjing penjaga matahari) ini hanya terjadi di dekat ufuk atau kaki langit.

Penyebabnya

Thomas Djamaludin menjelaskan, fenomena itu dapat terjadi karena adanya kristal-kristal es yang sangat halus di awan tinggi (awan cirrus) atau di udara sekitar. Artinya, harus ada kondisi sangat dingin di awan tinggi atau sekitar wilayah tersebut.

“Oleh karena itu, fenomena seperti ini tidak selalu terjadi tapi cukup sering,” lanjutnya.

Munculnya empat matahari

Umumnya, kata Thomas, fenomena ini hanya memunculkan dua pengiring matahari, yang disebabkan kristal es di awan tinggi. Namun yang terlihat di langit Kepulauan Riau beberapa hari lalu justru berjumlah empat.

Menurutnya, dua pengiring matahari lainnya itu muncul akibat kristal es di udara sekitar.

Sering terjadi

Seperti yang dikatakan oleh Thomas di atas, fenomena ini cukup sering terjadi. Sebelumnya pernah terjadi di beberapa negara, seperti Kazakhstan (empat matahari), Mongolia, dan Rusia (tiga matahari).

Baca Juga : 5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan

More From: Berita Menarik