Sering Dilakukan! Memutar Punggung Hingga Bunyi ‘Krek’ Ternyata Berbahaya. Ini Sebabnya Tak Boleh Dilakukan


via: today.line.me

Palingseru.com – Membunyikan bagian tubuh, seperti jari, leher dan punggung memang mengasyikkan. Karena selain mengeluarkan suara ‘khas’, juga memberikan sensasi nyaman tersendiri.

Hingga pada akhirnya, hal seperti ini pun dijadikan sebagai kebiasaan, ketika tubuh terasa pegal.

Padahal jelas saja hal tersebut memberikan efek buruk bagi tubuh. Terutama saat memutar punggung hingga menimbulkan suara ‘krek’.

Tanpa kamu sadari, suara ‘krek’ sewaktu memutar punggung adalah suara dari pelepasan gelembung gas di dalam sendi tulang belakang, demikian kata Pakar Chiropractic, Chris Vargas, mengutip today.line.me.

Menurut dia, ketika tulang belakang tidak sejajar, sendi dapat membengkak dan terisi gelembung yang mungkin muncul ketika kita bergerak dengan cara tertentu.

Gelembung itu sendiri berasal dari kantong gas nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida di dalam cairan sendi yang terakumulasi ulang dari waktu ke waktu.

Memutar punggung juga bisa menyebabkan nyeri punggung kronis bila dilakukan secara terus menerus, dan dalam jangka waktu yang panjang.

Namun sebaliknya, jika dilakukan hanya sesekali, hal itu malah membantu sendi.

“Jika kita menggerakkan tulang belakang melalui rentang gerak normal tanpa menggunakan kekuatan tambahan, dan kita kebetulan mendengar suara retak itu, ini aman,” kata Vargas.

More From: Sehat