Wow! 4 Tahun Lagi Kamu Bakal Lihat Bulan Made In China di Atas Langit!


via: today.line.me

Palingseru.com – Negara Tirai Bambu China saat ini tengah disibukkan dengan peluncuran Bulan tiruan ke angkasa untuk menerangi langit malamnya.

Proyek ambisius yang diinisiasi oleh Institut Chengdu, Provinsi Sichuan, China Barat Daya ini rencananya akan diluncurkan pada tahun 2022 mendatang.

“Pada saat itu, tiga bulan dengan cermin besar akan membagi bidang orbit 360 derajat dan menerangi suatu daerah selama 24 jam terus menerus,” jelas Wu Chenfung, Kepala Lembaga Penelitian Sains dari institut tersebut.

Sinar matahari yang dipantulkan, lanjut Wu, bisa menerangi area seluas 3.600 sampai 6.400 kilometer persegi, dengan intensitas cahaya delapan kali lebih terang dari cahaya bulan, karena sejatinya proyek ini ditujukan untuk program hemat listrik.

“Kalau bulan buatan menerangi area seluas 50 kilometer persegi, artinya kita dapat menghemat 1,2 miliar yuan muatan listrik,” kata Wu.

“(Bulan buatan) juga dapat menerangi suatu kawasan gelap, misalnya saat terjadi bencana gempa bumi yang membuat aliran listrik terputus,” sambungnya, demikian mengutip today.line.me.

Selain karena penghematan listrik, proyek ini dikerjakan serius oleh China juga untuk menunjukkan ‘taringnya’ dalam persaingan sengit antar Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang, di bidang teknologi antariksa.

More From: Aneh Unik