Ada 6 Isu Penculikan Anak yang Jadi Viral di Media Sosial Ternyata Hanya 1 Aja yang Bukan Hoax!


via: google.com

Palingseru.com – Berita hoax yang disebarluaskan oleh para oknum tak bertanggungjawab memang tengah marak saat ini. Sebelumnya foto dan video seputar pesawat Lion Air JT610 yang menjadi sasarannya. Dipastikan foto dan video yang tersebar di media sosial itu adalah hoax alias palsu.

Dan terbaru, adanya isu mengenai penculikan anak dengan beragam modus. Mengenai pemberitaan ini, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto pun angkat bicara. Ia menyatakan informasi tersebut hoax. Namun satu diantaranya diduga benar terjadi.

Irjen Setyo Wasisto bersama pihaknya kini tengah menyelidiki penyebaran isu tersebut. Lalu, inilah deretan berita hoax penculikan anak dan fakta sebenarnya, mengutip today.line.me.

1.Penculikan anak di Pontianak pada Jumat 19 Oktober, dan pelaku berhasil ditangkap dan diarak warga

Berita pertama ini dipastikan hoax. Fakta yang sebenarnya adalah pelaku ditangkap warga karena kedapatan mencuri ponsel di sebuah warung di Desa Cimpabuan, Kabupaten Bogor pada 16 Oktober 2018.

2.Penculikan anak di Cakung dan dikembalikan setelah tiga hari dengan kondisi mata sudah diambil pada Senin 21 Oktober 2018

Faktanya, foto yang digunakan adalah foto dari bocah SD yang meninggal dunia akibat kelelahan dan dehidrasi pada 20 Oktober 2018. Bocah malang itu meninggal dunia di rumah sakit setelah bersepeda dengan teman-temannya dari Ujung Menteng-Marunda.

Sebelumnya ia sempat meminum air di kamar mandi milik Dinas Kebersihan DKI. Namun hal itu tak membuat tubuhnya jadi lebih segar, ia malah tak sadarkan diri dan akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

3.Penemuan jasad bocah SD dengan kondisi organ dalam tubuh diambil

Berita ini disebutkan terjadi di Kemayoran pada Rabu (24/10/2018). Foto yang beredar sontak membuat masyarakat percaya. Padahal foto yang beredar di media sosial adalah jasad dari bocah perempuan yang tewas setelah diperkosa.

Jasadnya ditemukan warga di sebuah kebun sawit Dusun Rejosari, Tanjung Medan, Rokan Hilir. Pelaku, Hendri Limbong, sudah diamankan.

4.Penculikan anak dan organ dalamnya diambil

Berikutnya berita dari Jakarta Utara, yang diterangkan terjadi pada Rabu (24/10/2018). Faktanya, foto yang digunakan merupakan peristiwa seorang bocah bernama M. Rizki Saputra yang sempat meninggalkan rumah. Namun kini ia sudah kembali berkumpul dengan keluarganya setelah diantar warga yang menemukannya.

5.Penculikan anak di Kabupaten Kerinci

Foto yang digunakan memang dari peristiwa penculikan, namun peristiwa itu bukan terjadi di Kabupaten Kerinci, melainkan di Cianjur Selatan pada 23 Maret 2017 lalu. Sedangkan pelaku yang diamankan adalah orang yang mengalami gangguan jiwa di Jambi.

6.Penculikan anak di Tianyar

Dari sekian isu di atas, berita yang terakhir ini adalah yang benar adanya. Peristiwa ini dilaporkan terjadi di Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali pada Minggu (28/10/2018).

Saat itu, korban yang berinisial NLPSE (6) sudah dipeluk orang tak dikenal dan siap digendong untuk dibawa kabur. Beruntung orangtua korban melihatnya, dan langsung berteriak.

Alhasil, warga pun mengejar pelaku dan berhasil menangkapnya. Pelaku kemudian diserahkan ke kantor polisi.

More From: Berita Menarik