Ini Nih 5 Penemuan Mengejutkan Tim SAR Pada Hari ke Tiga Pencarian, Salah Satunya Rekaman Percakapan Terakhir Pilot


via: today.line.me

Palingseru.com – Keberadaan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, kini masih menjadi teka-teki.

Namun sejauh ini, Tim SAR gabungan sudah berhasil menemukan benda-benda yang diduga milik para korban. Lalu, inilah daftar temuan dari proses pencarian tiga hari pascainsiden, dihimpun dari today.line.me.

1.Tabung Oksigen
via: today.line.me

Tim Basarnas menemukan dua tabung oksigen milik Lion Air. Hal ini pun dibenarkan oleh Staf Ahli dari Kementrian Perhubungan, Cris Kuntadi.

“Ini oksigen. Memang untuk di dalam pesawat membantu penumpang untuk masalah seperti itu. Ada Co2 dan pemadam kebakaran juga,” katanya.

2.52 Kartu Identitas
via: today.line.me

Temuan berikutnya berupa kartu identitas milik para korban pesawa Lion Air. Kartu tersebut terbagi dari kartu KTP, KTA, BPJS, dan paspor.

Dari 52 kartu tersebut, 18 kartu diantaranya dimiliki oleh penumpang perempuan.

3.Bagian Tubuh dan Seragam Pramugari
via: today.line.me

Barang-barang pribadi milik korban pesawat Lion Air JT 610 juga telah ditemukan. Mulai dari sepatu, baju, tas, handphone, dan lain sebagainya. Selain itu, Tim SAR juga menemukan seragam pramugari yang masih dalam kondisi utuh.

Dan di hari ke-3 pencarian, jumlah jenazah yang ditemukan pun bertambah. Sebelumnya di hari pertama, Tim SAR sudah membawa 24 kantung jenazah. Kini, total kantung jenazah sudah mencapai 49.

4.Rekaman Percakapan
via: today.line.me

Sementara itu, pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendapatkan benda yang bersangkutan dengan pesawat. Yakni rekaman yang berisikan percakapan terakhir antara pilot Lion Air dengan petugas menara Air Traffic Control (ATC) di Bandara Soetta.

5.Sebuah ‘benda’

Proses pencarian tidak hanya melibatkan manusia, namun juga alat canggih. Salah satu alat canggih yang dikerahkan adalah robot dengan teknologi Multi Beam Echo Sounder (MBESS). Robot ini memiliki kemampuan mengirimkan sinyal hingga mampu menangkap material khusus di dasar laut.

Alat canggih itu pun bekerja dengan maksimal. Bahkan sudah mendeteksi keberadaan sebuah logam di bawah perairan Tanjung Karawang. Objek besar itu ditemukan di kedalaman 32 meter dengan panjang 22 meter, lebar 5 meter dan tinggi mencapai 10 meter.

Namun saat dilakukan pengecekan, benda tersebut bukan badan kapal Lion Air JT 610, melainkan bangkai kapal.

More From: Berita Menarik