Lokasi Jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610 Ternyata Banyak Ditemukan Harta Karun Peninggalan VOC


via: tribunnews.com

Palingseru.com – Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, yang menjadi titik lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 ternyata menjadi ‘tempat’ harta karun benda-benda peninggalan pemerintah kolonial Belanda dan Cina.

Ya, untuk diketahui, banyak kapal berusia ratusan tahun yang karam di perairan Indonesia, terutama di Laut Jawa.

“Secara umum memang di Laut Jawa termasuk perairan Karawang merupakan satu kawasan barang muatan kapal karam (BMKT). Termasuk di kawasan perairan Tanjung Pakis (lokasi jatuhnya pesawat Lion Air) juga wilayah BMKT,” ungkap Sekretaris Dinas Perikanan, Sari Nurmiasih, dikutip dari Warta Kota.

Hanya saja, kata Sari, sejauh ini benda-benda tersebut baru ditemukan di perairan Cimalaya.

“Salah satu yang sempat ada penemuan benda cagar budaya itu di perairan Cimalaya. Saat itu warga menemukan benda-benda berupa koin emas diduga peninggalan kongi dagang pemerintah colonial, Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) guci-guci peninggalan Cina hingga jangkar berusia ratusan tahun,” terangnya.

Sayangnya, benda-benda yang masuk ke dalam daftar cagar budaya ini malah dijual oleh warga dengan harga yang murah.

“Semuanya dijual per kilo. Padahal itu memiliki nilai tinggi,” tutur Sari.

Namun pihak terkait kini sudah mengambil tindakan. Sejumlah benda temuan di perairan Karawang yang ditemukan oleh warga sudah diserahkan ke Kementrian Kelautan dan Perikanan.

“Untuk sementara disana dulu karena di kami belum ada galeri untuk penyimpanan koleksi tersebut. Nah sekarang dalam tahapan untuk membangun galeri tersebut yang dikoordinasikan dengan Dinas Pariwisata Pemprov Jabar,” kata Sari.

More From: Berita Menarik