Sering Diminum Untuk Nge-Fly, Ternyata Seperti Ini Kandungan Air Rebusan Pembalut


via: today.line.me

Palingseru.com – Perilaku menyimpang anak muda di daerah Jawa Tengah terkait meminum air rebusan pembalut kini menyita perhatian sejumlah pihak, tak terkecuali pihak peneliti di Indonesia.

Mengingat pembalut merupakan wadah penampung darah menstruasi, pembalut tentu tidak disarankan untuk dikonsumsi. Terlebih lagi pembalut tersusun dari berbagai bahan dan senyawa kimia yang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti iritasi hingga karsinogen.

“Komposisi pembalut itu sangat berbahaya. Dipakai saja berisiko menyebabkan iritasi, apalagi dikonsumsi. Pembalut mengandung klorin dan senyawa karsinogen yang bisa memicu kanker,” ungkap peneliti Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Rosita Eva, dikutip dari today.line.me.

Beberapa pembalut, lanjut Rosita, bahkan memiliki kandungan klorin yang tinggi yakni diatas 20,4 ppm.

Bagi anak-anak muda itu sendiri, meminum air rebusan pembalut dapat memberikan sensasi nyaman layaknya ketika mengkonsumsi narkoba jenis sabu.

Mengenai air rebusan pembalut bisa menyebabkan adiksi atau nge-fly, Rosita mengaku belum bisa memastikan karena belum dilakukan penelitian lebih lanjut.

Namun yang jelas, Rostia menegaskan bahwa mengkonsumsi air rebusan sangat berbahaya bagi kesehatan. Ia pun berharap anak-anak remaja yang mengkonsumsi air rebusan pembalut diberikan edukasi agar tidak menyalahgunakan produk tersebut.

“Perlu ada konseling dan edukasi untuk anak-anak tersebut. Mengenai dampak dan penyakit yang bisa timbul,” tuturnya.

More From: Berita Menarik