12 Desember 1901: Marconi Ciptakan Komunikasi Radio


Transmisi RadioPada 111 tahun yang lalu, seorang fisikawan dan pelopor teknologi radio asal Italia, Guiglielmo Marconi berhasil menciptakan komunikasi lewat transmisi radio lintas Atlantik untuk kali pertama.

Pengiriman gelombang radio dari Benua Eropa ke Benua Amerika dengan melintasi Samudera Atlantik tanpa kabel itu merupakan salah satu pencapaian luar biasa dalam teknologi komunikasi.

Menurut The History Channel, pencapaian itu sekaligus jawaban dari Marconi kepada sejumlah kalangan yang mencela dia. Menurut mereka saat itu, mustahil bisa mengirim sinyal radio ke tempat yang begitu jauh karena, berdasarkan bentuk lengkungan Bumi, transmisi hanya bisa terkirim paling jauh 200 mil.

Cibiran dari kaum skeptis itu justru memacu semangat Marconi untuk membuktikan bahwa mereka salah. Dia dan rekan-rekannya mendirikan antena khusus sepanjang kurang lebih 150 meter sebagai salah satu komponen pengirim dan penerima sinyal radio. Upayanya tidak percuma.

Pada 12 Desember 1901 di Kota Newfoundland, Kanada, Marconi akhirnya menerima pesan berbentuk sandi Morse mewakili huruf “S” dari rekannya di Cornwall, Inggris. Padahal, jarak kedua tempat itu lebih dari 2.000 mil

Sebelumnya, Marconi berkali-kali mengirim pesan ke Inggris tanpa ada balasan. Namun, setelah keberhasilan itu, penemuan Marconi menerima pengakuan dunia. Pada 1909, Marconi menerima Penghargaan Nobel bidang fisika. sumber

baca juga: Ponsel Pertama di Dunia, Gede Banget 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Hari Ini