4 Penyakit ini Dulunya Sering dianggap Kiriman dari Tukang Sihir. Mau Tahu?


via: merdeka.com

Palingseru.com – Praktik ilmu sihir memang marak dilakukan pada masa dahulu. Bahkan banyak orang yang menggunakan ilmu sihir untuk ‘mengerjai’ musuhnya dengan mengirim penyakit mengerikan. Karena hal inilah pula, beberapa penyakit yang hadir di tengah masyarakat kerap dikaitkan dengan ilmu sihir.

Mereka menganggap jika penyakit-penyakit tersebut disebabkan karena sihir yang terjadi. Padahal, di dunia medis, penyakit ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Lalu, penyakit apa saja yang dianggap kirimian dari tukang sihir tersebut?

Melansir dari Merdeka.com, berikut ini deretannya.

1.Gangguan Jiwa
via: merdeka.com

Orang dengan gangguan jiwa pasti akan mengalami banyak perubahan, paling umumnya kepribadian dan emosional yang semakin tak terkendali. Karena hal ini, orang-orang dulu meyakini kalau penyakit ini disebabkan oleh ilmu sihir.

2.Encephalitis Lethargica
via: merdeka.com

Bagi para penderita penyakit ini, mereka akan merasa tubuhnya seperti kaku, tidak dapat bergerak. Selain itu, penderitanya juga akan merasakan kepala yang amat pusing, pandangan berkunang-kunang dan respons mental dan fisik yang terlambat.

Namun karena belum ada kemajuan ilmu kedokteran, masyarakat jaman dulu menganggap penyakit ini merupakan kiriman dukun dengan ilmu hitamnya.

3.Epilepsi
via: merdeka.com

Kondisi kejang-kejang adalah alasan kenapa penyakit ini disebut disebabkan karena ilmu sihir. Para penderita penyakit ini sendiri dapat mengalami kejang-kejang karena terganggunya aktivitas di otak.

4.Keracunan Jamur Ergot
via: merdeka.com

Jamur memang menjadi makanan yang cukup diminati dari dulu hingga kini. Tapi tidak semua jamur dapat dimakan, salah satunya adalah ergot. Para penikmat jamur ini akan menerima dampak buruk yang mengerikan.

Diantaranya mengalami muntah-muntah, otot menegang, halusinasi, merasakan sensasi aneh di kulit hingga epilepsi atau gangguan kejiwaan. Karena gejala yang tak biasa itu, masyarakat pun mengaitkannya dengan serangan sihir dan ilmu hitam.


Like it? Share with your friends!