Tiga Bagian Tubuh yang tak boleh sering dibersihkan ketika Mandi. Mau tahu apa alasannya?


via: google.com

Palingseru.com – Mandi merupakan salah satu aktivitas yang tak pernah lepas dari keseharian kita. Setidaknya, kita diwajibkan untuk mandi dua kali sehari. Hal ini jelas saja bertujuan untuk membersihkan diri dari kotoran, yang didapat dari beraktivitas penuh di luar.

Untuk itu, sebisa mungkin kita membersihkan seluruh tubuh. Eits, tapi tunggu dulu. Ternyata tidak semua tubuh boleh dibersihkan saat mandi lho. Seperti dilansir TribunPekanbaru, sedikitnya ada tiga bagian tubuh yang tak boleh sering dibersihkan dan berikut ini alasannya.

Rambut

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang harus terjaga kebersihannya. Khususnya bagi mereka yang menggunakan jilbab. Sebab, rambut selalu tertutup oleh kain.

Tapi faktanya, kamu tidak diperbolehkan untuk keramas secara rutin.

Perlu untuk diketahui, rambut yang sering terkena sampo justru akan membuat kulit kepala jadi kering dan akhirnya memunculkan ketombe.

Untuk itu, ada baiknya melakukan keramas dua hari sekali.

Pusar

Pusar memang bagian tubuh yang tak terekspos langsung. Tapi kebersihannya juga harus terjaga. Nah, saat membersihkannya pun harus dilakukan secara lembut karena kulit di sekitar pusar sangat tipis.

Oleh karenanya, bagian tubuh ini tidak boleh sering dibersihkan karena dikhawatirkan dapat merusak kulit di sekitar pusar yang nantinya malah membuat kamu mudah terkena infeksi.

Telinga

Larangan untuk tidak membersihkan telinga mungkin sudah seringkali kamu dengar. Ya, telinga memang harus terjaga kebersihannya, tapi bukan berarti boleh dibersihkan sesering mungkin, apalagi menggunakan cotton buds. Ini justru akan mendorong kotoran semakin masuk ke dalam.

Dan penting untuk diketahui, telinga pada dasarnya memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri, sehingga kita tak perlu membersihkannya, kecuali daun telinga atau telinga bagian luar saja.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat