Liburan Ada dalam Resolusi 2019 Kamu? Coba Berlibur dengan Kereta Api!


sumber:kabarsumbar.com
Mempersiapkan liburan itu wajib dilakukan sebelum pergi berlibur. Kereta api sebagai moda transportasi bisa kamu pilih ketika mulai menyusun rencana perjalanan.

Palingseru.com – Ada kalanya kamu yang tinggal di kota besar lebih memaknai liburan dengan aktivitas meluangkan waktu untuk menikmati momen hari-hari tanpa tugas, pekerjaan dan dunia persekolahan dengan pergi ke tempat wisata yang berada di kota lain. Jadi bila masih menghabiskan waktu liburan di kota yang dia tinggali sekarang, rasa-rasanya masih kurang berkesan. Padahal ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di sekitar tempat kamu tinggal.

Misalnya saja Jakarta, selain punya Monas yang menjadi ikon Jakarta sejak puluhan tahun silam, Ibukota juga memiliki banyak sekali tempat untuk menghabiskan waktu liburan. Mulai dari Kota Tua yang merupakan peninggalan kolonial Belanda, taman rekreasi tematik, banyak museum, wisata kuliner, gemerlap pusat perbelanjaan sampai Kepulauan Seribu yang punya banyak pantai dengan pasir putih dan pemandangan laut yang indah.

Punya resolusi untuk liburan tahun 2019 ini, yuk rencanakan mulai sekarang. Ajak anak dan keluarga untuk liburan bersama. Selain memberi pengalaman baru, liburan bareng juga semakin mendekatkan hubungan keluarga. Nah, biar lebih asyik coba untuk pergi ke tempat tujuan dengan menggunakan kereta api. Untuk memudahkan kamu, ada beberapa hal penting yang perlu kamu siapkan bila memutuskan untuk berlibur dengan kereta api.

Cek Hari Libur Nasional dan Jatah Cuti

sumber:@esteejanssens

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum merencanakan liburan adalah cek hari libur nasional. Masih ada banyak tanggal merah dan long weekend yang tersisa, termasuk libur Lebaran dan Natal yang cukup panjang. Sesuaikan momen liburan ini dengan sisa jatah cuti tahun 2019. Ambil waktu terpanjang dan semua anggota keluarga bisa ikut serta agar liburan keluarga terasa lebih puas.

Kota Ini Bisa Kamu Pilih, Seru dan Refreshing

Jika kamu memilih liburan kala musim Lebaran atau libur panjang sekolah, Jakarta bisa jadi tujuan utama. Karena ketika pada momen ini, Ibukota cenderung lengang dan kamu bisa puas main ke Museum Nasional dan tempat-tempat wisata lainnya tanpa terjebak macet.

Selain Jakarta, kamu juga bisa liburan ke Bandung yang nggak kalah cantik. Selain punya banyak tempat liburan seru di kawasan Lembang, Bandung juga memiliki aneka wisata kuliner yang menggoyang lidah dan pastinya surga belanja fashion yang menarik.

Perhatikan Kondisi Keuangan

Hal penting yang harus diperhatikan ketika merencanakan liburan adalah cek kondisi keuangan. Jika saldo sedang menipis, tak ada salahnya cek jadwal kereta api ekonomi yang lebih hemat. Namun jika kondisi keuangan sedang lebih, kereta  bisnis dan kereta api eksekutif bisa jadi pilihan yang nyaman.

Cek Jadwal Kereta Api

Setelah memastikan budget liburan, jangan lupa cek jadwal kereta api ke kota tujuan. Naik kereta api adalah pilihan nyaman dan memberikan pengalaman baru untuk keluarga. Jadwal kereta api lengkap bisa kamu cek di aplikasi seperti Traveloka atau website resmi perusahaan kereta api Indonesia.

Siapkan Pakaian Nyaman dan Cemilan yang Cukup

Perjalanan dengan kereta api memerlukan waktu yang cukup lama. Namun dengan kondisi gerbong yang nyaman, lamanya waktu tempuh ini tidak akan terasa melelahkan. Pastikan saja untuk memakai baju yang nyaman dan membawa cemilan yang cukup agar perjalanan jadi lebih tenang.

Nikmati Liburanmu

sumber:@mr_sherez

Menumpang kereta api memberikan pemandangan yang berbeda dari perjalanan lainnya. Nikmati perjalanan liburanmu sejak dari kereta. Sambil menikmati aneka makanan lezat di gerbong restorasi, kamu bisa menikmati indahnya alam yang dilalui selama perjalanan.

Setiba di tempat tujuan, nikmati liburan sesuai dengan itinerary yang sudah kamu buat. Jangan ragu untuk melakukan hal spontan, karena itu akan menambah pengalaman dan cerita selama liburan bersama keluarga.

Membawa rombongan pergi liburan bukan hal yang mudah. Agar perjalananmu lebih nyaman, lakukan liburan dengan cara travel light alias dengan barang bawaan seminimal mungkin agar tak repot di perjalanan.

Perhatikan batasan bagasi yang diberikan oleh perusahaan kereta api agar kamu nggak harus membayar kelebihannya. Ketika membeli oleh-oleh, perhatikan pula berapa berat dan ukuran bawaannya. Agar tidak terkena biaya tambahan ketika naik kereta.

Selamat liburan dan bersenang-senang bersama keluarga!

More From: Wisata dan Kuliner