Kakek Penjual Rokok ini Dibayar Menggunakan Uang Palsu, Kompol Juliana Ganti Kerugian Si Kakek dengan Uang Asli


via: tribunnews.com/Mbah Roso dan Kompol Juliana

Palingseru.com – Di tengah suasana bulan baik nan suci ini ternyata masih banyak yang tega berbuat jahat. Seperti baru-baru ini dilaporkan seorang pria menipu seorang kakek-kakek, dengan membeli rokok menggunakan uang palsu pecahan Rp 100 ribu.

Peristiwa ini terjadi di Kota Solo, tepatnya di kawasan Jalan Ir Juanda, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres.

Melalui kisah yang diposting di lini masa sejumlah grup Facebook, Selasa (14/5), saat itu Mbah Suroso (92) atau yang akrab disapa Mbah Roso, yang ditemani istrinya Parjiem (83) didatangi seorang pelanggan pria yang datang mengendarai mobil warna perak.

Pria itu kemudian membeli 14 bungkus rokok seharga Rp 300 ribu, dan turut menukarkan uang pecahan Rp 100 ribu dengan dua lembar pecahan Rp 50 ribu uang asli.

Setelahnya, pria itu bergegas pergi, yang menurut Mbah Roso, pergi ke arah timur atau Kabupaten Karanganyar.

“Saya tidak tahu kalau itu uang palsu. Karena mirip uang asli,” ucapnya dengan bahasa Jawa sembari terkekeh.

Dengan cepat, kisah Mbah Roso viral di media sosial dan akhirnya sampai ke telinga kepolisian.

Seperti dilansir TribunJateng.com, dengan inisiatif pelayanan masyarakat, Kapolsek Jebres, Polresta Solo, Kompol Juliana beserta jajarannya langsung tancap gas menuju lokasi warung Mbah Roso, untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

“Beliau sudah sepuh. Kasihan kalau datang sendiri ke kantor. Jadi kami sendiri yang datang untuk minta keterangan sekaligus upaya pengungkapan pengedar uang palsu,” jelas Kompol Juliana.

Mengenai uang tersebut, Kompol Juliana mengatakan, bahwa empat lembar uang tersebut memang palsu.

“Kami sudah mengecek fisik uang. Ternyata memang palsu. Ada perbedaan warna, perbedaan logo Bank Indonesia juga,” tuturnya.

Karenanya, perwira berpangkat melati satu itu langsung memberi uang Rp 400 ribu uang asli sebagai ganti kerugian Mbah Roso.

Ya, mengetahui beban yang dirasakan Mbah Roso akibat kejadian itu, Kompol Juliana berinisiatif untuk mengganti kerugiannya. Terlebih di samping itu Mbah Roso sudah sangat renta.

Tak ayal, Kompol Juliana panen pujian dari warganet.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Berita Menarik