Ini Dia Hafidh, Siswa SMAN 4 Solo Peraih Nilai 100 UNBK, Diam-diam, Ia Menyimpan Harapan yang Mulia


via: today.line.me

Palingseru.com – Ada banyak kisah dan kejadian yang tertinggal di momen kelulusan siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada Senin (13/5/2019) kemarin.

Diantaranya kisah menakjubkan dari seorang siswa SMA di Solo yang berhasil meraih nilai sempurna dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK.

Dia adalah Hafidh Rifa’i Kusnanto, siswa SMAN 4 Solo.

Seperti dilansir today.line.me, Hafidh berhasil meraih nilai 100 pada empat mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Fisika.

Mengenai hasil perolehannya itu, Hafidh berkata, “Tidak menyangka, kaget dan terharu.”

Itu karena, menurutnya “Saya sama sekali tidak ikut bimbingan belajar.”

Ya, tak seperti siswa umumnya yang lebih dahulu mempersiapkan diri dengan mengikuti bimbingan belajar di luar jam sekolah, Hafidh justru hanya menghafal dan memahami konsepnya dengan seorang diri, karena tak mampu membayar biaya bimbingan belajar.

Hafidh sendiri berasal dari keluarga kurang mampu. Ayahnya, Ahmad Kusnanto sudah meninggal sejak 2016. Sementara ibunya, Supadmi bekerja menjual mainan untuk membiayai hidup Hafidh dan ketiga adik-adiknya.

Kendati demikian, semangat Hafidh untuk menjadi pelajar terbaik dan berprestasi sangatlah besar. Terlebih setelah mendengar nasihat ibunya.

“Ibu selalu berpesan, saya adalah anak laki-laki pertama. Saya yang menjadi harapan, itu yang membuat saya semangat,” ucapnya.

Dengan semangat dan tekadnya itulah, Hafidh menjadi peraih nilai sempurna dalam UN. Tidak hanya itu, sebelumnya ia juga berhasil memenangi medali perak di bidang astronomi dalam Olimpiade Sains Nasional pada tahun 2017 dan pada Agustus 2019 mendatang ia akan mewakili Indonesia menghadapi olimpiade sains tingkat internasional di Hungaria.

Ternyata, di balik prestasi yang diraihnya, Hafidh memiliki harapan mulia.

“Ingin mengangkat derajat keluarga dan membahagiakan orangtua,” kata pemuda yang bercita-cita menjadi insinyur tersebut.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Berita Menarik