Udah Manasik 3 Kali Tapi Gak Jadi Naik Haji, Ibu ini Akhirnya Mengurung Diri Karena Malu


via: grid.id

Palingseru.com – Seperti sebelum-sebelumnya, momen keberangkatan haji pada tahun 2019 ini juga menyisakan banyak kisah tersendiri dari para jamaah.

Mulai dari kisah haru jamaah yang akhirnya bisa memuwujudkan impiannya untuk menunaikan ibadah haji setelah menabung puluhan tahun, hingga ada pula kisah menyedihkan dari jamaah yang gagal berangkat karena suatu kesalahan.

Seperti kisah yang datang dari Ina Binti Halil Jutahir (58). Ibu 58 tahun ini harus mengurungkan niatnya berangkat haji tahun ini karena suatu kesalahan dari pihak bank.

Seperti dilansir Grid.id, pihak bank BRI Syariah daerahnya, di Pamekasan, yang menerima setoran haji Ina terlambat memasukkan data pelunasan haji ke rekening haji.

“Tanggal 1 April, Ibu mulai membayar setoran pelunasan biaya ke BRI Syariah Pamekasan. Kata pihak bank pelunasan belum bisa dilakukan, karena sistem bank masih error,” terang Uswatun Hasanah, anak Ina.

Ketika hendak mencoba membayar lagi pada keesokan harinya, lanjut Uus, ibunya kembali ditolak pihak bank dengan alasan belum mengikuti tes kesehatan.

Akhirnya, sang ibu langsung menjalani tes kesehatan puskesmas dan melengkapi syarat lainnya, seperti mengikuti 3 kali manasik hingga membuat paspor bersama rombongan jamaah haji. Namun ketika semua syarat telah dipenuhi, pihak bank penerima setoran haji malah terlambat memasukkan data pelunasan haji ke rekening haji.

Alhasil, nama Ina tidak terdaftar dalam sistem komputerisasi haji terpadu (SISKOHAT) dan tidak dapat berangkat haji tahun ini bersama kloter 9 dan 10 asal Pamekasan.

“Padahal uang simpanan haji di rekening sudah lebih, sebesar Rp 11 juta 7 ratus ribu. Kenapa bank tidak bisa menginput. Ini janggal bagi kami,” kata Uus.

Karena itulah, Ina kini memilih mengurung diri di dalam rumah, lantaran merasa malu tidak jadi berangkat ke Tanah Suci.

Ina juga tidak mau menemui orang lain kecuali keluarga sendiri.

Termasuk pihak bank yang mendatangi kediaman Ina untuk meminta maaf atas kelalaian mereka yang berakibat Ina tak bisa menunaikan ibadah haji.

“Kemarin ada pihak bank ke sini mau minta maaf. Ibu tidak mau menemui. Bahkan, meminta agar pihak bank suruh pulang,” beber Uus.

Dan seperti yang sering dikatakan, bahwa setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Ina pun telah mendapatkan hikmah dari ketidakjadian keberangkatannya, dengan menjadi pribadi yang semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Dimana Uus menuturkan ibunya selalu bangun setiap pukul 03.00 WIB dini hari untuk menjalani shalat tahajud, dan menghatamkan Alquran lagi.

“Hikmahnya, ibu semakin rajin ibadahnya. Meskipun kekecewaannya belum bisa terobati,” tuturnya.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Berita Menarik