Ini Dia Jalan Paling Curam di Dunia


Berkunjung ke sebuah tempat pastinya Anda akan mencari sesuatu yang unik. Begitulah yang terdapat di Selandia Baru.

Selain memiliki beberapa tempat wisata yang tentunya menarik perhatian para wisatawan, juga terdapat sebuah tempat unik yang bisa menguji tingkat adrenalin Anda.

Baldwin Street, sebuah jalan di ujung utara Dunedin tercatat dalam Guiness Book of Records sebagai jalan tercuram di dunia.

Kemiringan jalan yang panjangnya 350 meter ini mencapai 1:2.86 (19 atau 35%). Artinya setiap 2,86 meter horizontal perjalanan, naik satu meter. Bagian bawah jalan tidak terlalu curam dan permukaannya di aspal. Sedangkan bagian atas jalan merupakan jalan buntu yang sangat curam serta terbuat dari beton.

Setiap tahunnya jalan ini menjadi lokasi untuk acara tahunan Dunedin yang dikenal dengan Baldein Street Gutbuster.

Sejak 1988 di setiap musim panas, berlangsung semacam pelatihan keseimbangan peserta yang terlibat harus berlari dari ujung bawah jalan menuju ke atas, kemudian kembali ke bawah. Acara ini selalu berhasil menarik ratusan pesaing per tahun.

Pergelaran acara lainnya yang tak kalah terkenal di tempat ini adalah Jaffa Race, sebuah acara yang juga diadakan tiap tahun, yang melibatkan lebih dari 30,000 Jaffas yang nantinya digulingkan dari bagian atas Baldwin Street hingga menuju dasar jalan.

Setiap permen diberi nomor untuk mengetahui siapa pemiliknya. Dalam acara ini juga terdapat penggalangan dana untuk kepentingan amal.

Tersebar pula informasi dari jalan curam ini yang sempat mengambil korban dimana pada tahun 2001 seorang mahasiswa dikabarkan tewas setelah mencoba menuruni sepanjang Baldwin Street dengan ‘wheelie bin’, sebuah tempat sampah beroda. (inilah.com)

More From: Aneh Unik