Inilah Jembatan Terpanjang di Dunia


Ambisi China menjadi yang terbesar, terus terwujud nyata. Negeri Tirai Bambu baru saja membuka jembatan terpanjang dunia, menyebrangi lautan.

Jembatan itu terbentang sepanjang total 42,4 km yang menghubungkan kota pelabuhan di China Timur, Qingdao, dengan Pulau Huangdao. Jembatan yang lebarnya 33,5 meter ini menelan biaya satu miliar poundsterling atau sekitar Rp13,7 triliun.

Awal pekan ini, jembatan tersebut resmi dibuka dan sebuah terowongan bawah air juga akan segera dioperasikan. Membutuhkan empat tahun untuk membangun jembatan yang ditopang lebih dari lima ribu pilar ini.

Rekor jembatan terpanjang yang selama ini dipegang Jembatan Danau Pontchartrain Causeway di Louisiana (AS), terkalahkan. Struktur jembatan China ini sebenarnya dua jembatan yang saling berdampingan.

Dua kelompok pekerja membangun dari kedua sisi yang berbeda sejak 2006. Akhirnya pada 22 Desember lalu, ujung kedua jembatan ini bertemu. “Kalkulasi dan model komputernya amat tepat. Tapi kami tak bisa santai hingga benar-benar terhubung,” ujar seorang pekerja.

Meleset beberapa centimeter saja, lanjut si pekerja, bisa menjadi sebuah bencana besar. Kabar baiknya, ambisi China untuk membangun jembatan terpanjang, tak berhenti sampai di sini. Sebuah rencana besar telah menanti dan sedang dimatangkan.

Pada dekade mendatang, sebagaimana diumumkan akhir 2010 lalu, pekerja telah memulai konstruksi jembatan yang menghubungkan Provinsi Guangdong di China Selatan dengan Hong Kong dan Makau. Ahli memperkirakan, proyek itu akan rampung pada 2016.

Biaya untuk membangun jembatan itu kira-kira 6,5 miliar poundsterling dan panjangnya akan mencapai sekitar 45 km. Jembatan tersebut didesain tahan gempa hingga 8,0 SR, badai kuat dan gempuran kapal induk atau mother vessel seberat 30 ribu ton.

More From: Menarik