Akhirnya Ahli Temukan Lokasi Tenggelamnya Atlantis


Ilmuwan berhasil menemukan lanskap kuno di bawah Samudera Atlantik Utara. Ilmuwan menduga kuat lanskap ini sebagai kota yang hilang, Atlantis.

Peneliti menemukan lahan hilang berusia 56 juta tahun berkat analisa data yang dikumpulkan perusahaan minyak. Data itu diperoleh menggunakan teknik suara gema canggih.

Lanskap berkedalaman dua kilometer tersebut memiliki puncak yang diduga dulunya merupakan gunung. Selain itu, terdapat pula delapan sungai utama di lanskap kuno itu.

“Lanskap ini seperti daratan sebuah negara,” ujar peneliti Nicky White dari Cambridge.

Lanskap ini seperti fosil kuno yang tersimpan dua kilometer di bawah dasar laut, lanjutnya. Melalui data yang terkumpul, ilmuwan berhasil merekonstruksi gambar 3D lahan itu. Para ilmuwan pun menyadari, gambar ini merupakan bukti tenggelamnya lanskap kuno itu.

Di tempat lain, ilmuwan Cambridge berhasil menemukan fosil kecil yang membuktikan lahan kuno itu dulunya merupakan lingkungan laut.

Menurut White seperti ditulis dailymail, lanskap di bawah Atlantik ini kemungkinan besar dulunya tersapu selama gelombang besar magma 2,5 juta tahun silam.

Hasil riset ini sendiri diterbitkan di jurnal Nature Geoscience. [mor]

More From: Tekno