Cara Mencegah Osteoporosis


Mencegah osteoporosisAda beberapa cara untuk mencegah Osteoporosis sebelum kamu akhirnya mengidap Osteoporosis mau tahu apa saja caranya?

Osteoporosis merupakan kondisi dimana tulang kehilangan kepadatan lagi sehinga tulang menjadi mudah patah pada umumnya orang yang sring mengidap Osteoporosis adalah orang orang yang sudah tua karena memang faktor usia, namun jangan salah orang muda juga bisa terkena Osteoporosis jika tidak menerapkan pola hidup yang sehat.

Nah sebelum Osteoporosis menyerang kamu ada baiknya kamu mencega Osteoporosis ini datang dengan melakukan beberapa cara berikut. Mau tahu seperti apa caranya mencegah Osteoporosis simak berikut ini.

1. Cukupi kebutuhan vitamin D dan kalsium

Kalsium dan Vitamin D sangat penting untuk tulang, kalsium berfungsi untuk menguatkan tulang sementara Vitamin D berfungsi untuk menyerap Kalsium dari makanan ke tulang. Sehingga mengkonsumsi dua mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang namun ada baiknya kamu jangan memakan vitamin D dan kalsium dari suplemen ada baiknya dapatkan dua nutrisi ini dari bahan makanan seperti ikan salmon, tuna, susu, atau makanan kaya kalsium seperti yogurt, jus jeruk, kacang almond, atau kacang kedelai.

2. Melakukan olahraga angkat beban

Olahraga angkat beban bisa membuat tulang menjadi lebih padat sehinga kamu tidak mudah mengalami pengeroposan tulang . SelainĀ  olahraga angkat beban olahrga seperti berjalan, jogging, berlari, atau menari juga bisa menguatkan tulang.

3. Dapatkan manfaat sinar matahari

Langkah alami ketiga untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Melalui beberapa reaksi, kulit bisa menghasilkan vitamin D ketika terkena sinar matahari. Namun seberapa banyak sinar matahari yang dibutuhkan manusia masih menjadi perdebatan di antara ahli, karena terlalu banyak sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Jika Anda tinggal di negara tropis, sebaiknya cari sinar matahari di jam-jam pagi di bawah jam sembilan. Sinar matahari pada jam itu biasanya masih cukup hangat dan tidak terlalu panas. Sebuah penelitian menemukan bahwa berada di bawah sinar matahari tiga sampai 15 menit sudah cukup untuk mereka yang berkulit terang. Sementara untuk yang berkulit gelap, bisa menghabiskan waktu 15 – 30 menit.

Dengan tiga carqa diatas maka kamu akan lebih terhindar dari Osteoporosis.

baca juga: 5 Makanan Untuk Kesehatan Tulang

5 Hal Ini Membuat Tulang Kamu Cepat Keropos


Like it? Share with your friends!