Cara Mencegah dan Gejala Penyakit Malaria


   

penyakit malariaPenyakit malaria merupakan  penyakit yang disebabkan oleh gigitan Nyamuk anopheles. Ada bebeapa gejala yang ditimbulkan penyakit malaria namun jangan kawatir penyakit malaria juga bisa dicegah, sehinga kamu tidak terkena sakit malaria.

Penyakit malaria disebabkan oleh protozoa parasit dari golongan plasmodium yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk, parasit ini masuk kedalam tubuh dan terus melakukan pembelahan diri yang akhirnya akan merusak sel sel darah manusia sehinga orang yang terkena malaria sering mengalami kekurangan sel darah merah, malaria juga bisa menyebabkan kematian karena dapat meyebapkan penyumbatan sel pembuluh darah di otak. Nah apa bila sakit malaria tidak diobati dengan cepat dan benar maka akan berakibat buruk pada penderita malaria.

Sebelum penyakit malaria menjadi sangat para sebaiknya kamu harus mengetahui beberapa gejala gejala sakit malaria, sebelum sakit malaria menjadi parah.

Gejala penyakit malaria

  • Gejala penyakit malaria ini berupa demam tinggi dan sakit kepala . Penderita menggigil atau gemetar selama 15 menit sampai satu jam.
  • Penderita malaria lemah dan nafsu makan menurun
  • Mual mual yang disertai muntah
  • Kulit menjadi kemerahan
  • Hilangnya tingkat kesadaran atau mengiggau
  • Pada tingkat lanjut disertai kejang kejang

Semantara pencegahan penyakit malaria adalah dengan cara mengindari gigitan nyamuk penyebab malaria seperti menyemprotkan antinyamuk serta membersihkan ruangan yang tergenang air agar nyamuk malaria tidak bisa berkembang biak dirumah kamu, serta yang gak kalah pentingnya adalah selalu menjaga pola gaya hidup yang sehat dan satu lagi yang gak kalah penting untuk menghindari penyakit malaria sebisa mungkin jangan selalu bertemu dengan penderita malaria.

Dengan mengetahui gejala dan mencegah malaria ini semoga kamu tidak terkena penyakit malaria.

More From: Sehat