You Are Here: Home » Misteri » Misteri Lamia, Putri Cantik Berekor Iblis

Misteri Lamia

Palingseru.com – Lamia merupakan seorang putri cantik yang memiliki ekor iblis yang sangat jahat dan suka membunuh anak anak, nah kamu mau tahu seperti apa kisah misteri dari Putri Lamia yang diyakini ounya ekor iblis.

Dalam mitologi Yunani kuno, tercatat seorang ratu Libya cantik bernama Lamia. Ia menjadi seorang ratu yang tidak biasa karena kebiasaannya membunuh anak-anak. Jalan hidupnya yang tragis membuat kisah Lamia tersebar ke mancanegara, dalam intepretasi yang berbeda-beda. Mulai dari catatan mitologi Yunani, puisi-puisi era Renaisance, sampai puisi Inggris karya John Keats. Sampai saat ini, para ibu maupun pengasuh di belahan dunia Eropa masih menggunakan dongeng Lamia untuk memperingati anak-anak mereka agar tetap berperilaku baik, jika tidak ingin dimangsa oleh monster Lamia.

Greek Mythology
Lamia konon adalah putri dari King Belus yang menguasai Mesir. Menurut sejarahwan Diodoulus Siculus, Lamia adalah cucu dari Poseidon dan Lybie. Setelah kematian ayahnya, Lamia otomatis menjadi ratu atas Mesir, tepatnya berkuasa atas area Libya. Kecantikan Lamia ternyata sampai ke Yunani, bahkan sampai ke telinga Zeus. Penasaran akan kecantikan sang ratu Libya, Zeus pun mencari Lamia. Zeus kemudian betul-betul terpikat kecantikan Lamia. Sebaliknya, Lamia juga jatuh cinta pada raja tertinggi Yunani tersebut. Jalinan cinta keduanya membuahkan seorang anak bernama Herophile. Seperti kebanyakan kisah cinta Zeus dengan para kekasih gelapnya, hubungan antara Zeus dan Libya diketahui Hera. Tidak senang dengan hubungan tersebut, Hera mengutuk Lamia. Ada yang menyebutkan Hera membunuh anak dari Lamia dan Zeus. Ada pula versi yang mengatakan Hera mengguna-guna Lamia hingga ia membunuh anaknya sendiri. Pada akhirnya, Lamia sangat berduka karena kehilangan anak satu-satunya. Tidak kuat menahan duka, pikiran Lamia yang dipenuhi dengan kebencian dan kesedihan membuatnya jadi gila. Dirinya dipenuhi dendam hingga mampu membunuh anak-anak lainnya. Nafsu membunuh yang begitu tinggi akhirnya mengubah wajah Lamia yang cantik menjadi buruk rupa.

Terdapat beberapa versi mengenai perawakan Lamia, selain ratu cantik yang berubah menjadi buruk rupa setelah kehilangan anaknya. Terdapat versi yang menggambarkan Lamia tetap berwajah cantik, namun memiliki ekor iblis setelah dikutuk oleh Hera. Ada pula yang menjabarkan Lamia memiliki wajah rupawan, namun tubuh bagian bawahnya bersisik seperti ular. Konon setelah kehilangan anak kandungnya, Lamia tidak dapat menutup matanya sendiri. Jadi ke mana pun ia memandang, yang dilihatnya adalah bayangan anaknya yang telah tiada. Tentu hal tersebut membuat Lamia semakin gila. Setiap melihat ibu-ibu lain yang tengah mengasuh anaknya, Lamia akan mengamuk dan membunuh anak tersebut karena cemburu. Selain membunuh, Lamia juga memakan mayat anak-anak tersebut. Tidak tega melihat salah satu kekasihnya, Zeus memberi Lamia kekuatan untuk memindahkan matanya sendiri, untuk membantunya menghilangkan bayangan sang anak.

Other Version
Lamia Korinthia adalah sesosok iblis yang menggoda seorang pemuda bernama Menippos. Kisah tersebut terjadi di kota Korinthos (Corint), sebelum masehi. Menippos adalah seorang pelajar yang mendalami filsafat. Ia lebih menonjol dari murid-murid lainnya dengan kepandaian yang luar biasa serta perawakan yang hamper sempurna. Alhasil Menippos pun membuat banyak wanita jatuh hati. Satu hari ketika Menippos berjalan menuju Cencharea, ia bertemu dengan seorang wanita yang mengaku telah jatuh cinta padanya sejak lama. Berbeda dengan yang lainnya, wanita yang satu ini membuat Menippos jatuh cinta. Menippos tidak menyadari bahwa wanita tersebut adalah Phasma/hantu. Lamia menyamar sebagai sesosok gadis cantik lalu memikat pemuda tersebut dengan tujuan dapat meminum darah dan mengkonsumsi dagingnya. Menippos yang terpikat pada Lamia setiap hari berkunjung ke Cencharea untuk bertemu dengannya.

Apollonios, salah satu guru dari Menippos, melihat keanehan yang terjadi pada muridnya. Setelah mengadakan penyelidikan, Apollonios berhasil mengetahui bahwa Menippos tengah jatuh cinta pada Lamia. Menippos pun diinterogasi dan diminta untuk meninggalkan Lamia, namun menolak. Akhirnya Apollonios memutuskan untuk bertemu langsung dengan Lamia dan meminta hantu tersebut untuk meninggalkan Menippos. Setelah perdebatan dan usaha yang melelahkan, Menippos berhasil diselamatkan dari pengaruh Lamia.

Modern Interpretation
Dalam intepretasi modern, Lamia lebih banyak dikaitkan dengan sosok mahkluk vampiric atau succubus. Ada pula yang mengaitkan Lamia sebagai penyihir, hidup dalam daerah terpencil, menjebak manusia-manusia yang datang ke area tersebut, lalu membunuh dan mengkomsusinya untuk menambah kekuatan sihir. Lamia dalam versi penyihir konon menyimpan banyak benda-benda keramat dan sakti. Orang-orang yang cukup pandai maupun nekat bisa saja memperdaya atau memohon pada Lamia untuk mendapatkan salah satu benda tersebut. Jika berhasil, akan mendapatkan benda sakti. Jika tidak, akan menjadi makan malam Lamia. Dalam film Drag Me To Hell, Lamia digambarkan sebagai sesosok iblis yang dipanggil oleh suku gipsi, dengan tujuan menyiksa seseorang. Setelah tiga hari berlalu, orang tersebut akan dibawa ke neraka.

TRIVIA
• Meski nampak miripan tapi Lamia berbeda dengan Gorgon, terutama Medusa, dimana Lamia memiliki rambut normal dan bukan berbentuk kawanan ular.
• Dalam Final Fantasy series, disamping muncul sebagai musuh biasa, Lamia juga menjadi summoned monster dalam FFXII: Revenant Wings dan FF Fables: Chocobo Tales.
• Lamia muncul dalam film Drag Me to Hell sebagai sesosok evil spirit, muncul akibat sebuah kutukan yang ditempatkan dalam benda tertentu. Sumber

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber palingseru.com tanks!!

Instal Aplikasi Launcher Palingseru.com di Sini
Baca Palingseru.com di ponsel kamu melalui http://m.palingseru.com
Follow Twitter Kami

Ditulis Oleh:
Tags: ,

    Apa Komentar Kamu...