You Are Here: Home » Menarik » 10 Tempat yang Dapat Menenangkan Jiwa

Mendaki Pegunungan Khasmir (foto: CNNGO)

ADA kalanya rutinitas di tempat bekerja membuat kita sangat ingin untuk melepas lelah dan penat sejenak di suatu tempat yang dapat menenangkan.

Meleburkan diri sejenak dengan menghirup udara segar tanpa kontaminasi karbon monoksida dan untuk sejenak menikmati beberapa hari sama sekali tanpa bersentuhan dengan urusan pekerjaan sudah tentu menjadi angan-angan.

Jika sudah dapat waktunya, berikut 10 tempat yang dapat dijadikan pilihan Anda untuk merelaksasi jiwa dan raga.

1) Mendaki di Pegunungan Kashmir, India dan Mencapai Gua Amarnath

Perjalanan menelusuri pegunungan Kashmir di India bisa jadi memberikan pengalaman berlibur yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Pemandangan dari atas pegunungannya saja sudah dapat membuat mata lelah Anda yang biasa terpaku ke layar PC mendapatkan relaksasi karena lapangnya areal hijau yang menyejukkan dari ketinggian kaki gunung.

Serunya lagi, jalur pendakian di pegunungan Kashmir ini tergolong sangat vertikal, sehingga dibutuhkan usaha ekstra untuk tetap dapat menikmati rekreasi pendakian tersebut.

Konon, mudah atau tidaknya Anda sampai ke Gua Amarnath tergantung bagaimana kesetiakawanan dan kebaikan Anda.

Kegiatan mendaki pegunungan Kashmir ini bisa jadi lebih tak terlupakan bila Anda datang ketika bertepatan dengan acara ritual ziarah yang setiap tahun dilakukan umat Hindu India (bila situasi politik sedang aman).

Ribuan umat berjalan mendaki pegunungan Kashmir untuk sampai ke Gua Amarnath dengan tujuanĀ  berziarah dan melihat Shiva Lingam, sebuah bukti keajaiban Tuhan berbentuk phallic yang dibentuk oleh stalagmit es. Menurut legenda, Siwa datang ke Gua Amarnath untuk berbagi rahasia tentang keabadian bersama istrinya Parvati.

2) Meditasi di Bali, Indonesia

Selain hiruk pikuk para wisatawan di setiap pelosok Bali, namun kesucian pulau Bali dan kekuatan energi magis di sana masih menjadi magnet para pencari spiritual.

Dengan kualitas pesona alamnya, Bali terasa ideal sebagai tempat melakukan yoga dan meditasi.

Pada setiap pagi di Bali Anda dapat menikmati hangatnya mentari seraya bermeditasi, mengeksplorasi setiap postur tubuh Anda dalam yoga untuk mengembangkan fleksibilitas diri, yang dapat membuat Anda begitu tenang, refresh, dan meningkatkan kepercayaan diri memulai hari-hari berikutnya yang lebih baik bersama batin yang lebih tenang.

Anda pun dapat mencoba pengalaman seru lainnya dengan mengunjungi kuil Gua Kelelawar. Menurut mitos, di gua tersebut terdapat ular raksasa, Naga Basuki.

Jangan lupa untuk dapatkan perawatan pijat, mencoba kelas memasak, ke perairan suci dan berjalan di pedesaan. Anda akan kembali dengan pikiran dan tubuh yang lebih segar dan bugar.

3) Berpuasa dan Berpesta di Gurun Sinai, Mesir

Bagi Anda yang sedang sangat ingin menjauhkan diri dari keramaian, serta mendapatkan ketenangan seutuhnya guna memperoleh ketenangan lahir dan batin. Anda dapat mencoba berwisata ke Gurun Sinai, di Mesir.

Di sana Anda akan mendapatkan pengalaman wisata jiwa dan raga. Dataran gurun yang terhampar begitu luas dapat mengingatkan Anda bagaimana kebesaran Tuhan.

Anda akan mendapatkan pengalaman layaknya seorang musafir di padang pasir, yang pergi jauh berkelana mencari sesuatu keberkahan. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan kesempatan “membersihkan” pikiran dan hati seraya menikmati pemandangan yang tidak akan pernah Anda dapatkan dalam keseharian.

Selama perjalanan Anda akan mungkin akan mengalami kosongnya perut layaknya berpuasa, (maka dari itu siapkan bekal yang memadai) namun di samping itu, jika Anda benar-benar menikmati perjalanan, kosongnya perut dapat terlupakan ketika raga Anda berpesta akan pemandangan yang ada; desiran angin pegunungan atau pun langit malam yang penuh dengan rasi bintang.

4) Detoksifikasi dan Nikmati Ayahuasca di pedesaan Sussex, Inggris

Tempat lain yang dapat dijadikan pilihan yang tepat bagi Anda yang butuh ketenangan adalah pedesaan Sussex di wilayah tenggara Inggris.

Sussex merupakan pedesaan yang bersejarah bagi wilayah Inggris. Pedesaan Sussex ini terbagi dua wilayah yakni Sussex timur dan Sussex Barat. Namun, secara keseluruhan wilayah-wilayah di SUssex memiliki panorama-panorama yang mampu “membersihkan” mata dan menenangkan pikiran.

Yang terunik di Sussex adalah minuman khasnya, bernama Ayahuasca, minuman tradisional masyarakat Sussex yang berpotensial sebagai obat penyembuh yang ampuh. Minuman ini terbuat dari anggur Ayahuasca dan daun tanaman Chacruna yang dikumpulkan dari hutan-hutan Amazon, yag berada di pusat wilayah Sussex ini. Minuman ini dapat berfungsi sebagai penghilang racun di dalam tubuh.

Selain itu, yang lebih menariknya lagi, di wilayah Sussex kita dapat mengunjungi seorang tabib yang dikenal dengan nama Rain Queen Mother. Beliau dapat memberikan personal healing di Wellbeing and Ceremonial Sanctuary di Inggris.

Beliau mempercayai bahwa Ayahuasca dapat memberikan kecerdasan emosional yang lebih tinggi dan lebih dapat menumbuhkan koneksi dengan alam.

Kesemua hal itu bukan untuk yang berhati lemah, tetapi bagi para pencetus ide yang transformatif.

5) Menelusuri Saint James di Spanyol

Saint James adalah sebuah trek untuk melakukan pendakian ke Katedral Santiago de Compostela di Spanyol.

Rute Saint James yang juga dikenal dengan sebutan The Camino ini telah dilalui selama ribuan tahun oleh para peziarah yang ingin mencari suasana di ribuan tahun silam yang sangat berbeda dengan kehidupan sekarang ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan spiritual.

Beberapa orang mengatakan The Camino ini terletak langsung di bawah Bima Sakti.

The Camino ini pun pernah dijadikan sebuah film dengan judul “The Way” dan menjadi inspirasi pada sebuah buku karya Shirley MacLaine bernama “The Way” yang menceritakan tentang pengalaman mistisnya. Panorama pegunungan dan bukit-bukit yang bersinggungan langsung dengan garis pantai, rumah-rumah nelayan yang sederhana merupakan pemandangan cantik yang tersaji di The Camino ini.

6) Berkumpul dengan para Penyair Sufi Hafez di Shiraz, Iran

Kota Shiraz adalah tempat peristirahatan terbaik di abad ke-14 bagi para penyair Sufi Hafez.

Suasana hangat, tenang dan santun yang terdapat di kota tersebut memberikan kesan tersendiri bagi Anda yang mencari ketenangan dan kesejukan batiniah.

Bagi Anda yang muslim, tempat terbaik adalah ketika Anda menyempatkan diri beribadah di musalla yang sangat indah karena dikelilingi kebun bunga di kala matahari senja. Di musalla tersebut juga terdapat makan dari Sufi Hafez.

Yang akan banyak Anda jumpai di sana adalah para sekumpulan pembaca ayat-ayat Illahi. Anda tidak hanya akan menemukan makanan rohani dalam kata-katanya, tetapi Anda akan berbesar hati oleh kehangatan romantisme sesama.

Jika berminat, biaya perjalanan selama 16 hari di Shiraz kira-kira setotal USD3.986 atau Rp34 juta.

7) Minum Air Penyejuk di Kaki Gunung Cornwell, Inggris

Rasa bosan, lelah, suntuk, dijamin sirna ketika Anda menapaki kaki di kaki Gunung Cornwell, Inggris.

Derasnya gemericik air terjun yang tumpah dari ketinggian 1.600 meter puncak tebing pinggir gunung mampu membasuh rasa penat.

Air terjun yang deras mengalir ini pun layak diminum langsung. Bahkan konon air dari air terjun di kaki gunung Cornwell ini berkhasiat menyembuhkan penyakit.

Banyak wisatawan dari seluruh dunia yang sengaja datang ke tempat ini untuk mandi dan berendam seraya melakukan meditasi guna merileksasi fisik dan emosional.

8) Menginap di Wihara Budha di Bukit Koyasan, Jepang

Bukit Koyasan adalah jantung spiritual Budha Shingon Esoterik, cabang agama kuno.

Ini juga tempat yang ideal untuk tinggal di penginapan kuil, jika Anda sedang ingin menjelajahi kawasan yang bernuansa layaknya hidup sebagai biksu.

Atau jika hanya sekedar ingin menyerap udara segar yang tenang dan damai, di tempat ini Anda akan dapatkan kesemuanya itu.

Singgah di Rengejoin Temple, tidur di kamar-kamar berdinding kayu geser, bangun di saat fajar untuk bergabung dengan para biarawan bermeditasi, sarapan di Shojin Ryori dan menyantap masakan vegetarian para biarawan, adalah hal-hal yang dapat membuat Anda lupa sejenak keriuhan hidup di keseharian.

Tertarik? Jika ya, menurut intrepid.com, Anda perlu siapkan USD4,3 juta untuk paket tur selama dua minggu di Jepang dan merasakan sensasi wisata “menjadi biksu” di sana.

9) Mengunjungi Peramal Sakti di Mongolia

Jika benar-benar sedang ingin mengalami suasana baru dan hendak membiarkan diri berpetualang ke pelosok dunia untuk mempelajari keantikan-keantikan di berbagai tempat di bumi ini.

Kawasan hutan Taiga, di Mongolia bisa jadi tempat seru untuk mendapatkan pengalaman berwisata yang tidak biasa. Di kawasan Taiga, Anda akan menjumpai suku Tsaatan Teepee. Mereka adalah sekelompok komunitas penggembala rusa yang hidupnya berpindah-pindah tempat (nomaden).

Membicarakan hal-hal yang berkenaan spiritual, suku Tsaatan mengandalkan dukun mereka yang berkomunikasi dengan roh, leluhur atau alam, untuk meminta saran atau pun penyembuhan.

Agenda wisata di sana: bergabung dengan ekspedisi berkuda ke Taiga, menelusuri perjalanan melalui lembah-lembah, pegunungan di sekitar danau, dan sebagai puncak perjalanan, mengunjungi rumah seorang dukun setempat.

Anda akan melihat mereka di tempat “kerja”-nya, belajar tentang kemampuan mereka dan praktek-prakteknya, jika Anda beruntung, Anda dapat berkesempatan berpartisipasi dalam ritual sendiri.

Menurut PanoramicJourneys.com, biaya perjalanan ke sana selama 15 hari dimulai dari harga USD3.680.

10) Jelajahi Candi-Candi Suci di Khajurao, India

Ingin mencoba merasakan bagaimana kehidupan di abad ke-10 atau ke-11? Tanpa perlu berangan akan adanya mesin pemutar waktu, Anda akan dapatkan pengalaman hidup kembali ke ratusan tahun yang lalu di kuil Khajuraho, Madhya Pradesh, wilayah utara India.

Kuil ini dipenuhi ukiran-ukiran erotis namun sangat indah. Maka sebab itu, kuil ini disinyalir sebagai asal muasal terciptanya ilmu Kama Sutra.

Pada gambar-gambar tersebut dijelaskan bahwa mereka sedang merayakan cinta dan memberikan wawasan ke dalam praktek Tantra kuno, lebih dari sekedar seks, namun lebih merupakan sebuah ‘rute’ kuno untuk pencerahan, yang juga mengambil lokasi di kota suci Varanasi dan suci sungai Gangga.

Traveltheunknown.com menawarkan harga perjalanan mengitari candi-candi suci di India seperti kuil Khajuraho ini, selama 15 hari dengan harga USD1.203

Demikianlah 10 tempat yang juga direferensikan BBCGO untuk Anda yang menginginkan suasana baru agar dapat merefresh otak, pikiran dan suasana hati. Selamat berwisata! (habis)

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber palingseru.com tanks!!

Instal Aplikasi Launcher Palingseru.com di Sini
Baca Palingseru.com di ponsel kamu melalui http://m.palingseru.com
Follow Twitter Kami

Ditulis Oleh:

    Apa Komentar Kamu...

    Artikel Terkait...