Pria dan Wanita Masa Kini Makin Mirip


Peneliti meneliti tengkorak berusia empat abad dari Spanyol dan Portugis. Ia menemukan, pria dan wanita masa kini makin mirip dibanding dulu. Seperti apa?

Anthropolog North Carolina State University (NSCU) menemukan, perbedaan fitur kraniofasial pria dan wanita makin mengabur beberapa abad terakhir. Peneliti juga menemukan, fitur kraniofasial kedua jenis kelamin dari tengkorak Spanyol itu mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Headline

Perubahan signifikan terjadi pada wanita, struktur wajah wanita modern Spanyol jauh lebih besar dibanding wanita di abad 16. Peneliti mengatakan, perbedaan struktur tengkorak pria dan wanita ini sangat penting.

Pasalnya, “Studi ini bisa membantu menentukan jenis kelamin temuan itu berdasarkan fitur kraniofasial,” ungkap anthropolog NSCU Ann Ross.

Studi ini memiliki aplikasi karakterisasi temuan yang berusia tua, lanjut Ross.

“Menetapkan standar abad 20 ke dalam sisa-sisa bersejarah bisa saja salah. Hal ini dikarenakan perbedaan pada jenis kelamin dapat berubah seiring berjalannya waktu,” paparnya.

Namun riset ini memiliki aplikasi modernnya.

“Terutama saat kerangka tak lengkap kehilangan area pelvis atau saat fitur khusus ditemukan. Mampu menentukan suatu tengkorak milik pria atau wanita untuk penyelidikan kriminal dan riset akademis bisa sangat membantu,” tutupnya.

More From: Tekno