You Are Here: Home » Hari Ini » 1 Juni 1916: Pertempuran Somme Dimulai

Resimen CheshirePalingseru.com – Pertempuran Somme, salah satu pertempuran terbesar dan paling berdarah pada Perang Dunia I, dimulai oleh serangan pembukaan Inggris dan Perancis terhadap Jerman pada Pertempuran Albert di Somme, Perancis.

Pertempuran Somme merupakan pertempuran terbesar antara Anglo-Perancis dan Jerman dan terjadi pada tanggal 1 Juli – 18 November 1916 pada Perang Dunia I.

Pertempuran Somme disebut juga Serangan Somme, sebagai operasi militer paling berdarah dengan 1,5 juta korban di kedua belah pihak.

Komandan BEF, Jenderal Sir Douglas Haig melakukan serangan besar pertama Inggris di Flanders utara, karena diperkirakan pertahanan Jerman kurang dipersiapkan dengan baik dan ada kemungkinan berhasil. Jenderal Joseph Joffre, Panglima Tentara Perancis bersikeras bahwa pasukan mereka harus berjuang berdampingan, menyeberangi Sungai Somme ke selatan, Haig mengalah dan serangan direncanakan untuk Agustus 1916. Namun, pada Februari 1916 Jenderal Erich von Falkenhayn memerintahkan 5 Tentara Jerman melawan Korps XXX Perancis di selatan Verdun, dekat perbatasan Jerman. Pada bulan Mei, Joffre memerintahkan Haig untuk memajukan tanggal serangan dan direncanakan sebanyak mungkin. Tujuannya adalah Inggris agar mencoba menerobos tiga garis pertahanan Jerman, sepanjang 20 mil (32 km) sungai Somme utara serta untuk menarik pasukan Jerman ke utara untuk meringankan tekanan musuh di Verdun, Perancis.

Pertempuran dimulai dengan infanteri dan kavaleri pada pertempuran individu, bahkan penggunaan tank dan artileri untuk melindungi pasukan sejauh 7 mil (11 km) dari wilayah Sekutu.[4] Kedua belah pihak telah menderita banyak korban tanpa klaim kemenangan strategis.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber palingseru.com tanks!!

Instal Aplikasi Launcher Palingseru.com di Sini
Baca Palingseru.com di ponsel kamu melalui http://m.palingseru.com
Follow Twitter Kami

Ditulis Oleh:
Tags:

    Apa Komentar Kamu...