5 Masjid yang Terbuat Dari Lumpur


Palingseru.com – Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang biasa bentuk bangunannya akan dibuat semegah dan seindah mungkin sebab Masjid adalah rumah tuhan untuk kita beribadah.

Namun selain dibuat dari bahan beton dan kayu tahukah kamu ternyata di dunia ini ada orang yang membuat masjid dari lumpur. Nah kamu mau tahu masjid apa saja yang dibuat dari lumpur dan bagaimana bentuk masjid berbahan lumpur ini? Simak 5 Masjid yang Terbuat Dari Lumpur berikut ini:

1. Masjid Besar Bobo Dioulasso

 Masjid yang Terbuat Dari Lumpur

Bobo Dioulasso merupakan masjid raya yang terdapat di Burkina Faso Afrika Barat, masjid ini merupakan salah satu masjid besar yang berada di wilayah itu, nah yang unik dari Masjid ini adalah bahan untuk membuat masjid ini ternyata terbuat dari lumpur dan beberapa kayu sebagai pondasinya.

Sayangnya lingkungan sekitar masjid Masjid Raya Bobo Dioulasso sedikit bau karena adanya sungai yang tercemar.

2. Siwa Oasis

 Masjid yang Terbuat Dari Lumpur

Masjid berikutnya yang terbuat dari lumpur adalah Siwa Oasis, masjid ini terbuat dari lumpur lokal yang dibuat dari canpuran pasir dan garam. Masjid Siwa Oasis sendiri terletak di sebelah barat gurun pasir Mesir, dulunya wilayah ini merupakan jalur perdagangan yang ramai sehingga banyak orang yang singgah ke wilayah ini.

3. Masjid Besar Djenné

 Masjid yang Terbuat Dari Lumpur

Masjid Djenne merupakan masjid terbesar yang dibuat dengan menggunkan lumpur. Walaupun masjid ini terletak di Mali namun arsitektur masjid ini sangat khas dengan negara Sudan. Djenne merupakan sebuah kota yang berdekatan dengan Timbuktu, maka tidak heran jika kedua memiliki hubungan psikologi dan sosial yang kuat.

4. Aït Benhaddou

 Masjid yang Terbuat Dari Lumpur

Aït Benhaddou merupakan salah satu tujuan wisata utama di Maroko, Ouarzazate merupakan sebuah tempat yang sangat indah, dengan kasbah yang terbuat dari tanah liat. Maka tidak heran jika kawasan Ourazazate banyak digunakan sebagai latar berbagai film popular dunia seperti Lawrence of Arabia, Star Wars dan Gladiator.

Dengan lokasinya yang berada di pinggiran Gurun Sahara, Ourazazate merupakan adalah tempat singgah para pelancong, pedagang, dan peziarah yang kebetulan melewati Gurun Sahara.

5. Shibam

5 Masjid yang Terbuat Dari Lumpur

Dengan berjuluk “Manhatten of the desert,” Shibam merupakan kawasan perkotaan yang terletak di Yaman.

Mayoritas bangunan yang ada di Shibam dibangun pada abad ke-16, dan julukan sebagai Manhattan tersebut dibuktikan dengan apartemen-apartemen yang berdiri di hadapan padang pasir. Uniknya apartemen tersebut dibuat dari batu bata (tanah liat) dan lumpur, dahulu masyarakat Shibam mendirikan kompleks bangunan tersebut sebagai perlindungan dari serangan orang-orang Badui.

Nah itulah beberapa masjid mengagumkan yang terbuat dari lumpur sebagai bahan dasar pembuatan masjidnya.

baca juga:  10 Masjid Paling Tua di Dunia

7 Masjid unik yang ada di Indonesia

More From: Menarik