HD 189733b, Planet yang Mirip Seperti Neraka


planet nerakaPalingseru.com – Banyak sekal planet yang ada di Alam semesta ini yang belum banyak di ketahui oleh manusia, nah sebuah planet baru yang baru ditemukan pada 2005 oleh  Astronom Prancis berhasil  dengan bantuan  teleskop luar angkasa Hubble planet ini kemudian diberi nama  HD 189733b.

Ukuran planet ini lebih besar dari plaent jupiter dan memiliki warna biri, warna biru pada planet ini bukan seperti di bumi karena air melainkan karena di langit planet ini banyak mengandung  silikat. Satu partikel jenis bahan kaca. Partikel ini mengembun di awan. Jika awan ini turun jadi hujan, yang ada hujan kaca.

Jarak dari bintang utama ke planet ini juga sangat dekat sekali yakni hannya  sekitar 3,6 juta kilometer, sehingga 1 tahun di planet ini hanya memakan waktu 2,2 hari waktu di bumi.

Dipelanet ini tidak ada rotasi yang terjadi seperti di bumi sehingga bagian planet yang terkena cahaya bintang akan selalu siang dan sebalinya akan selalu malam.

Suhu di planet ini juga memiliki 2 suhu berbeda diwilayah yang terkena sinar bintang akan memiliki suhu yang sangat panas sekali yakni mencapai 2.000. Sedangkan di sisi gelap, suhunya 500 derajat lebih rendah.

Karena ada perbedaan suhu yang sangat sikinifikan membuat  angin berembus sangat cepat. Kecepatannya mencapai 7.200 km per jam. Sebagai perbandingan, badai di Bumi dengan skala lima kecepatannya “hanya” 260 km per jam.

Bagi manusia yang tingga di planet ini maka sama saja manusia tinggal di dalam neraka yang panas.

More From: HOT ISU