18 Juli 2010: PBB Tetapkan Hari Mandela


Nelson MandelaPalingseru.com – Sejak tiga tahun yang lalu, Perserikatan Bangsa Bangsa mulai merayakan tanggal 18 Juli sebagai “Hari Mandela.” Ini merupakan penghargaan PBB atas Nelson Mandela, pejuang anti diskriminasi di Afrika Selatan. Dia lahir pada 18 Juli 1918 dan hingga kini dalam keadaan sehat di usia ke-94 tahun walau tidak sebugar dulu.

Menurut laman PBB, Hari Mandela ini bukanlah hari libur umum, melainkan sebagai hari untuk memperingati jasa-jasa Mandela dalam memperjuangkan berakhirnya penindasan atas warga kulit hitam di Afrika Selatan. Sempat dipenjara selama 27 tahun oleh rezim Apartheid, Mandela akhirnya tampil sebagai Presiden Afrika Selatan dari 1994 hingga 1999.

Mandela, yang juga meraih Nobel Perdamaian pada 1993, juga meletakkan dasar-dasar demokrasi di negaranya, sekaligus mengedepankan rekonsiliasi antara warga mayoritas kulit hitam dengan warga kulit putih keturunan koloni Inggris dan Belanda di Afrika Selatan.

“Kami akan terhormat bila Hari (Mandela) itu bisa menjadi momen untuk mempersatukan warga di penjuru dunia dalam memerangi kemiskinan sekaligus mendorong perdamaian dan rekonsiliasi,” demikian pernyataan yang mewakili keluarga Mandela, seperti yang dikutip BBC.

Sejak 2009, Afrika Selatan sudah rutin merayakan Hari Mandela dengan menyelenggarakan berbagai pertunjukan budaya dan penggalangan dana untuk kegiatan darma bakti para relawan sosial. Baru pada November 2009, Majelis Umum PBB resmi mencanangkan 18 Juli sebagai Hari Internasional Nelson Mandela. Sumber

More From: Hari Ini