Bentuk Matahari Jika Lagi Meletup


letupan matahariPalingseru.com – Teleskop luar angkasa Solar and Heliospheric Observatory (SOHO) berhasil menangkap aktifitas matahari yang sedang meletup, letupan ini melepaskan partikel matahari ke luar angkasa.

Feno mena alam letupan matahari sangat jarang terjadi namun karena aktifitas matahari yang sedang meningkat selama 11 tahun ini maka ilmuan sering melihat berbagai letupan dasyat di matahari.

Nah yang terbaru adalah gambar yang berhasil diambil oleh badan antariksa Eropa, ESA dan SOHO dengan menggunakan teleskop luar angkasa Solar and Heliospheric Observatory. Hasil pengamatan menunjukkan terdapat lubang korona besar di salah satu bagian matahari.

“Anda tidak bisa melewatkan (untuk menyaksikan) itu. Lubang korona ekstensif telah berputar selama beberapa hari terakhir (13-18 Juli 2013),” jelas ESA.

Ilmuwan mengungkapkan bahwa fenomena ini merupakan puncak siklus aktivitas matahari yang berlangsung selama 11 tahun. Kemungkinan fenomena letupan besar lainnnya juga akan terlihat di tahun ini.

More From: Sains