Arkeolog Berhasil Temukan Peninggalan Istana Nabi Daud


istana Nabi DaudPalingseru.com – Arkeolog dari Hebrew University dan Israel Antiquities Authority berhasil menmukan situs peninggalan istana nabi Daud di Khirbet Qeiyafa.

Khirbet Qeiyafa merupakan situs kota kuno yang berada di dekat kota Beit Shemesh, Israel dan berjarak sekira 20 mil dari Yerusalem.

Para Arkeolog di sini berhasil menemukan jejak bekas sebuah istana dan peradaban kota besar dan diperkirakan ini adalah sebuah istana Nabi Daud yang sudah ada sejak abad ke-10 pada masa kejayaan Kerajaan Yehuda.

Kota  besar yang ada di masa kejayaan Kerajaan Yehuda ini diberi nama kota Alkitab Shaarayim. Dalam penemuna reuntuhan kota ini ditemukan setruktur bangunan yang dipercaya sebagai istana Nabi Daud.

“Khirbet Qeiyafa merupakan contoh terbaik untuk tanggal sebuah kota benteng dari zaman Nabi Daud. Bagian selatan istana besar yang diperpanjang meliputi area 1.000 meter persegi,” ungkap peneliti, seperti dikutip Sciencedaily, Senin (22/7/2013).

Selain istana Nabi Daud ditempat ini juga ditemukan berbagai Industri seperti industri logam, perkakas tembikar khusus dan fragmen perkakas ‘alabaster’ yang diimpor dari Mesir.

Lokasi istana ini ditemukan tepat ditengah tengah situs yang merupakan bekas kota besar di masa itu, lokasi yang berada di tengah tengah kota membuat Istana Nabi Daud menjadi sangat strategis dan mudah untuk memberikan pesan ke rakyat dan pasukan melalui sinyal-sinyal api.

Penemuan situs bersejarah di Khirbet Qeiyafa dan pentingnya temuan tersebut membuat Israel Antiquities Authority bekerjasama dengan Nature and Parks Authority serta pihak terkait untuk membatalkan konstruksi atau pembangunan di sekitar lokasi. Mereka juga akan mendeklarasikan area tersebut sebagai situs taman nasional.

More From: Sains