10 Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor


mudik-sepeda-motorPalingseru.com – Mudik menggunakan sepeda motor saat ini sering dijadikan pilihan banyak warga yang mau pergi mudik ke kampung halaman alasannya karena ongkos perjalanan lebih mudah dan ketika sampai di kampung halaman kita bisa menggunakan kendaraan yang kita bawa untuk jalan jalan.

Namun bukan tanpa bahaya jika kita mudik menggunakan kendaraan bermotor sebab biasa para pemudik akan membawa banyak barang yang ditaruh di motor membuat pengguna sepeda motor menjadi lebih sulit untuk mengendalikan sepeda motor miliknya akibatnya biasa saja terjadi kecelakaan bermotor selama dalam perjalanan mudik.

Nah tidak mau terjadi sesuatu yang buruk selama mudik, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu simak ketika berniat mau mudik menggunakan sepeda motor, mau tahu apa saja itu simak berikut ini:

1. Pastikan Anda punya motor. Penting! jika tidak punya motor bagai mana mau mudik menggunakan motor ya.

2. Cek rem sepeda Anda. Masih berfungsi dengan baik? Jika tidak, jangan nekat ngerem pakai sepatu ya.

3. Periksa lampu motor. Berfungsi atau tidak. Kan tidak lucu kalau Anda terpaksa pakai lampu senter atau senter hape untuk penerangan jalan.

4. Cek apakah rantai motor Anda masih ada atau tidak. Takutnya sudah raib dicuri anak SMA buat tawuran.

5. Nah, ini juga penting. Periksa spion Anda! Masih lengkap? Kan lumayan bisa dipakai ngaca selama perjalanan.

6. Supaya lebih aman. Bawalah SIM selama perjalanan. Ingat, ini SIM alias Surat Izin Mengemudi. Bukan SIM di dalam hape Anda. Jangan-jangan pas ditanya polisi, Anda dengan sigap bertanya, “Mau SIM 1 atau 2 pak? Hape saya Dual SIM.”

7. Biar aman dan selamat di jalan, jangan lupa pakai helm SNI. Ingat, meski Anda bekerja di proyek, tak perlu pamer dengan pakai helm yang kuning-kuning itu.

8. Hindari terlalu banyak membawa barang. Tabung gas, lemari, kulkas, dan mesin cuci tidak usah dibawa. Ingat, Anda mau mudik bukan pindah rumah.

9. Pasang kecepatan 40-70km/jam saja. Kenapa? Aduh, kalau sampainya terlalu cepat, nanti Anda disuruh bantuin buat kue lho sama ibu di rumah. Capek dong!

10. Bersikap sewajarnya selama di perjalanan. Plis deh jangan lebay! Anda tak perlu standing di atas motor atau sok lepas tangan. Anda kan mau mudik, bukan mau atraksi sirkus.

Nah itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum pergi mudik menggunakan sepeda motor. Selamat mudik lebaran

More From: HOT ISU