Hebat, Ilmuan Berhasil Hidupkan Tikus Yang Sudah Mati


jantung tikusPalingseru.com – Mahluk hidup yang sudah mati tentunya tidak mungkin bisa hidup lagi namu  ilmuan di Amerika Seikat berhasil menghidupkan tikus yang sudah mati  menggunakan sel manusia.

Para ilmuan berhasil meghidupkan kembali jantung tikus yang berhenti berdetak dengan bantuan sel manusia. Peneliti melakukannya dengan mentransplantasi batang sel manusia pada jaringan sel jantung tikus mati.

Dikutip dari Mashable, Jumat (16/8/2013), peneliti dari University of Pittsburgh School of Medicine menjelaskan bagaimana mereka membangkitkan kembali jantung tikus yang telah berhenti berdetak. Pertama-tama, peneliti membongkar keseluruhan jaringan sel tikus untuk mempersiapkan membentuk kerangka sel baru untuk melakukan regenerasi. Secara teknis proses ini disebut desekularisasi. Dan kemudian para peneliti membuat jantung tikus hidup kembali dengan sel manusia.

Penelitian ini akan sangat berguna untuk manusia terutama mereka yang memiliki sakit jantung. Ke depannya diharapkan hasil dari tes ini bisa digunakan untuk mengobati para penderita penyakit jantung.

“Salah satu dari tujuan kami selanjutnya adalah untuk melihat kemungkinan apakah transplantasi ini bisa digunakan untuk jantung manusia,” kata Lei Yang, asisten profesor Fakultas Biologi di Pitt School of Medicine.

Seperti yang kita ketahui jika penyakit jantung merupakan penyakit paling mematiakn no 1 di dunia ini.

More From: Sains