5 Sumber Energi Pengganti Untuk Masa Depan


Energi NuklirPalingseru.com – Saat ini manusia masih memanfaatkan sumber energi dari minyak bumi dan batu bara nah seperti yang kita ketahui 2 sumber energi ini tidak terbarukan dan jika terus di gunakan dan ditambang secara terus menerus maka suatu saat nanti minyak bumi dan batu bara akan habis, nah jika sumber energi ini habis otomatis manusia tidak akan memiliki sumber energi lagi.

Untuk mengatasi kejadian kehabisan energi maka perlu dilakukan pembuatan dan pemanfaatan energi alternatif sebagai penganti minyak bumi. Nah berikut ini ada beberapa sumber energi alternatif yang kemungkinan besar akan digunakan manusia di masa depan, kamu mau tahu Energi Alternatif  apa saja itu simak berikut ini:

1. Tenaga Nuklir

Nuklir jika dimanfaatkan maka bisa menjadi sumber energi yang sangat besar, Proses nuklir menjadi energi disebut reaksi fisi. Pada pembangkit listrik tenaga Nuklir reaksi fusi akan menghasilakn panas nah uap pans inilah yang dimanfaatkan untuk menguapkan air yang berfungsi untuk membangkitkan generator listrik.

2. Energi Biomassa

Energi biomasa berasal dari tanaman yang telah diambil manfaatnya seperti , pepohonan, rumput, ubi, limbah pertanian, limbah hutan, tinja, dan kotoran ternak.

Sumber energi biomassa mempunyai beberapa kelebihan, antara lain merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui (renewable) sehingga dapat menyediakan sumber energi secara berkesinambungan (suistainable).

3. Tenaga Air

Di Bumi ini air bisa ditemukan di mana mana nah ternyata air juga bisa dijadikan sumber energi tentunya yang bisa jadi sumber energi adalah air yang mengalir, Air mengalir ini biasa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, air mengalir tadi akan mengerakan generator listrik yang mampu menghasilkan daya listri.

4. Tenaga Angin

Angin juga dapat diolah menjadi sumber energi alternatif. Melalui penggunaan baling-baling atau kincir, tenaga angin disalurkan ke dalam turbin dan diolah menjadi listrik.

5. Tenaga Matahari

Matahari selalu memancarkan pansa dan cahayanya sepanjang hari ke bumi nah tentunya ini bisa dijadikan sumber energi . Tenaga matahari atau tenaga surya adalah energi yang didapat dengan mengubah panas matahari melalui peralatan tertentu menjadi sumber pembangkit daya.

Nah itulah beberapa sumber energi penganti yang akan digunakan manusia di masa depan.

baca juga: Di Masa Depan Panas Tubuh Menjadi Sumber Energi Listrik

More From: Menarik