5 Juta Tahun Lagi Pria Akan Punah


Pria akan punahPalingseru.com – Menurut perkiraan ilmuan pria pada 5 juta tahun kedepan akan mengalami kepunahaan arinya 5 juta tahun lagi tidak akan ada lagi manusia dengan jenis kelamin  pria, nah mau tahu kenapa pria bisa sampai punah.

Dibandingkan dengan umur bumi yang saat ini sudah mencapai 4,54 miliar tahun maka usia manusia di bumi ini seperti datang untuk minum lalu pergi sebab manusia moderen saat ini paling lama tinggal di bumi hanya bisa sampai usia 100 tahun itupun kini sangat jarang ada orang yang bisa mencapai 100 tahun.

Lalu apa kita tahu apa yang akan terjadi pada ribuan tahun kedepan pada bumi ini, tentiunya kita tidak mengetahuinya, manusia hany bisa menebak dan mengira ngira tentang kejadian di bumi ribuan tahu kedepan.

Seperti yang dilakukan oleh ilmuwan besar asal Australia, prof Jenny Graves ia memperkirakan jika pria akan punah dari bumi 5 juta tahun lagi.

Menurut propesor ini kepunahan jenis kelamin pria terjai karena perubahan hormon yang terjadi pada manusia, nah seperti yang kita ketahui Laki-laki memiliki pasangan kromosom XY, sementara perempuan memiliki pasangan XX. Karena kromosom X pada perempuan ada 2, maka dapat saling membantu memperbaiki jika ada kerusakan. Lain halnya dengan laki-laki yang hanya memiliki 1 kromosom X. Sementara kromosom Y yang ada pada pria lebih cepat mati dibandingkan kromosm X nya.

“Sekitar 166 juta tahun yang lalu, kromosom Y punya 1.669 gen dan kini hanya tinggal 45 gen. Jika dihitung, kromosom Y akan hilang sekitar 4,6 juta tahun ke depan,” kata prof Graves dalam acara seminar yang diselenggarakan di Kedutaan Besar Australia, Jl. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Jika tidak ada lagi keromosom Y maka tidak akan ada lagi kromosom yang membetuk kromosom pria yakni XY.

Bersamaan dengan hilangnya kromosom Y tersebut, prof Graves menerangkan bahwa keberadaan manusia berjenis kelamin laki-laki otomatis juga akan punah.

More From: Taukah Kamu