BandrOS, Ponsel Anti Sadap Buatan LIPI


BandrOSPalingseru.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI berhasil membuat sebuah ponsel pintar yang tidak bias disadap siapa pun termasuk Amerika Serikat.

Aksi penyadapan ponsel saat ini sering terjadi bahkan pemerintah Luar Negri pun sering melakukan hal ini, nah jika ponsel kamu sudah disadap maka pembicaraan kamu akan ketahuan okeh si penyadap.

Untuk mengatisipasi aksi penyadapan LIPI berhasil membuat sebuah ponsel pintar bernama BandrOS, ponsel pintar ini tidak bisa di sadap dan natinya ponsel ini hanya digunakan untuk kepentingan Intelijen.

“Ini bisa digunakan untuk kepentingan intelijen, karena nggak bisa disadap. Jadi special purpose,” ujar peneliti LIPI, LT Handoko kepada wartawan di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang, Senin (26/8/2013).

Awal mulanya LIPI membuat BandrOS hanya untuk kepentingan pati jompo, untuk mengganti toblol yang ada dengan ponsel sehingga menjadi lebih efektif penggunaanya.

“Kita beri aplikasi khusus, jadi kalau misalnya dia jatuh bisa ketahuan di mana. Mereka bisa lacak orang ini ada di mana. Kalau ada telepon, bisa diforward ke pasien itu. Dia juga bisa dipanggil lewat (HP) itu,” ulasnya.

More From: Gadget