10 Cara Mengetahui Kanker Otak


Kanker OtakPalingseru.com – Kanker otak merupakan penyakit kanker yang meyerang otak manuisa, nah pastinya kamu tahu ya jika otak fugsinya mengontrol semua organ tubuh pada tubuh kamu dan pasti kamu tahu apa yang akan akamu alami jika sampai otak rusak mulai dari kelumpuhan hingga kematian.

Nah berikut ini ada beberapa cara untuk mengetahuk kanker otak. Semangkin dini kamu mengetahui suatupenyakit maka akan semangkin mudah untuk diobati.

Pemeriksaan neurologis
Dokter akan menilai gejala pasien dengan memberikan pertanyaan seputar sejarah kesehatan keluarga. Berbagai informasi tersebut digunakan untuk mendeteksi kemungkinan risiko otak yang diderita. Pemeriksaan juga melibatkan pengecekan pada penglihatan, pendengaran, kekuatan, sensasi, keseimbangan, refleks, dan kemampuan mengingat serta berpikir.

Angiogram
Angiogram adalah jenis tes sinar-X pada daerah kepala untuk menunjukkan pembuluh arteri dan vena pada otak. Pewarna kontras sebelumnya disuntikkan ke arteri di kepala sebelum pasien menjalani pemeriksaan.

Scan otak
Scan otak dilakukan untuk mengetahui ketidaknormalan. Sebelumnya, pewarna kontras disuntikkan ke arteri untuk membedakan mana jaringan normal dan mana sel kanker.

CT scan
CT scan merupakan salah satu jenis tes sinar-X namun menciptakan efek gambar 3D dari otak. Komputer menggabungkan gambar-gambar otak agar dokter bisa mengetahui adanya ketidaknormalan atau sel kanker. Pemeriksaan ini juga bisa menunjukkan adanya pembengkakan, pendarahan, dan pengerasan tulang atau jaringan.

Diffusion Tensor Imaging (DTI)
DTI adalah tes yang digunakan untuk mengukur aliran cairan dalam otak. Hasil gambar tes DTI biasanya dibandingkan untuk mengetahui perbedaan yang terjadi.

Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI)
FMRI digunakan untuk menentukan lokasi spesifik dari fungsi otak. Selama diperiksa, pasien juga diminta untuk melakukan tugas tertentu.

Magnetic Resonance Imaging (MRI)
MRI bisa dibilang sebagai jenis tes pencitraan yang paling baik untuk mendeteksi kanker otak. Sebab pemeriksaan ini menggunakan gelombang radio yang lebih akurat daripada sinar-X.

Magnetic Resonance Spectroscopy (MRS)
MRS adalah metode lain yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker otak. Biasanya metode ini juga digunakan untuk mendiagnosis infeksi pada otak, stroke, penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, luka akibat radiasi, dan juga tumor. MRS pada dasarnya mirip dengan MRI. Perbedaannya adalah MRS fokus pada fungsi daripada struktur otak.

Positron Emission Tomography (PET)
PET dilakukan untuk mendeteksi perubahan sel yang sedang berkembang. Sebelum melakukan tes, cairan glukosa radioaktif disuntikkan. Tergantung pada besarnya tumor, jumlah glukosa yang diserap akan menunjukkan letak dan seberapa parah kanker yang diderita.

Biopsi
Biopsi adalah prosedur operasi yang digunakan untuk mengambil sampel tumor. Kebanyakan biopsi dilakukan bersamaan dengan operasi pengangkatan tumor. Namun biopsi juga bisa dilakukan tanpa operasi jika tumor tidak bisa diangkat atau kondisi pasien terlalu lemah.

Nah itulah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi kanker otak.

More From: Sehat