6 September 1915: Produksi Tank Pertama di Dunia


Tank pertama di duniaPalingseru.com – Pada 98 tahun yang lalu, sebuah tank prototip berjuluk Little Willie meluncur dari pabriknya di Inggris. Little Willie ini merupakan cikal bakal kendaraan tempur lapis baja di dunia.

Namun, saat itu kemampuan Little Willie jauh dari sempurna. Berbobot sangat berat, 14 ton, kecepatan maksimal tank tersebut tidak sampai 4 km per jam.

Menurut The History Channel, kendaraan itu dibuat untuk memenuhi kebutuhan perang militer Inggris semasa Perang Dunia Pertama. Demi menembus pertahanan Jerman yang membentuk parit-parit terjal, pejabat militer Inggris bernama Ernest Swinton dan William Hankey menggagas suatu kendaraan lapis baja yang digerakkan roda rantai sehingga mampu melaju di permukaan tanah yang terjal dan becek.

Kedua pejabat itu berharap kendaraan ciptaan mereka mampu menerjang pertahanan musuh dan kebal dengan berondongan peluru. Maka, mereka berhasil membujuk Menteri Angkatan Laut Inggris, Winston Churchill, agar pemerintah mendanai proyek pembuatan tank.

Demi mengecoh intelijen musuh, pejabat Inggris membuat seakan-akan proyek kendaraan lapis baja itu adalah pembuatan kendaraan tangki air (water tank). Itulah sebabnya kendaraan tersebut hingga kini dikenal dengan sebutan tank.

Setahun setelah prototip pertama dikenalkan, Inggris kemudian menyempurnakannya dengan produk terbaru, bernama Big Willie dan saat itu pula mulai digunakan untuk bertempur. Seiring dengan perkembangan teknologi dari tahun ke tahun, tank akhirnya populer digunakan banyak negara sebagai salah satu komponen penting untuk pertempuran darat sekaligus alat pertahanan yang tangguh. sumber

More From: Hari Ini