Calon Gedung Tertinggi di Dunia 1000 Meter


Rekor gedung tertinggi saat ini dipegang Burj Khalifa yang sebelumnya bernama Burj Dubai yang memiliki ketinggian 828 meter. Kini posisi menara itu terancam. Akan dibangun gedung setinggi 1000 meter alias satu kilometer.

Gedung yang sedang dalam masa pembuatan ini bernama Kingdom Tower., di bangun di Arab Saudi. Gedung ini akan menjadi calon gedung tertinggi di dunia mengalahkan Burj Khalifa di Dubai.

Arsitektur Adrian Smith + Gordon Gill (ASGG) menjadi perancang Kingdom Towerdi di Jeddah, Arab Saudi, dekat Laut Merah.Luas bangunan ini diperkirakan mencapai 530 ribu m2 dan akan menjadi pusat dan fase pertama pembangunan Kingdom City di situs 5,3 juta meter persegi di utara Jeddah.

Kingdom Tower juga akan menjadi observatorium tertinggi dunia. Dasar gambar menara ini telah lengkap dan sedang ditenderkan. Bangunan ini diperkirakan menelan biaya US$1,2 miliar (Rp10,1 triliun), sementara itu untuk biaya proyek Kingdom City sekitar US$20 miliar (Rp169,6 triliun).

“Gedung ini akan menjadi visi baru kami yang mewakili semangat baru Arab Saudi,” ujar Smith dalam situs smithgill.com.

Mengingat betapa tingginya gedung ini, salah satu sistem elevator paling canggih dunia diperlukan. Kingdom Tower akan diisi 59 elevator, termasuk 54 elevator tunggal dan lima elevator ganda bersama 12 eskalator lainnya. Elevator ini akan melayani dengan kecepatan 10 meter per detik.

More From: Tekno