Ketahui 5 Manfaat Mengkonsumsi Rumput Laut


   

rumput laut

Palingseru.com – Rumput laut merupakan salah satu sumber hayati di daerah pesisir pantai. Rumput atau gulma laut ini memenag dikenal mengandung banyak khasiat bagi kesehatan. Tahukah kamu apa saja mnfaat dari tumbuhan rumput laut ini ? simak berikut ini :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rumput laut dapat meningkatkan daya tahan karena dapat  memberikan stimulan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. Rumput laut bekerja dengan memperbanyak produksi antibodi, cytokines, dan sel lain yang berguna untuk daya imunitas.

2. Mengendalikan Berat Badan

Rumput laut juga dapat mengendalikan berat badan . Bagi kamu yang sedang menjalani diet, mengkonsumsi rumput laut sangatlah pilihan yang baik  karena rumput laut ini bebas lemak dan kaya akan serat pangan. Selain dapat mempermudah pencernaan, serat pada rumput laut memberikan efek kenyang yang lama, sehingga kamu dapat mengontrol pola makan dan berat badan .

3. Pengganti Garam

Mengkonsumsi rumput laut juga dapat digunakan sebagai pengganti garam . Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, rumput ini dapat memberi tambahan rasa pada menu makanan, sehingga dapat berfungsi sebagai pengganti garam. Dengan menurunkan kadar garam tentu dapat meringankan penyakit darah tinggi, jantung, dan stroke.

4. Mencegah Anemia

Bagi penderita anemia pilihan obat yang tepat yaitu dengan rajin mengkonsumsi rumput laut. Rumput laut terbukti dapat meningkatkan hematopoiesis atau pembentukan sel darah merah. Hal ini diyakini karena kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Vitamin C yang terkandung di dalam rumput laut terbukti dapat memelihara kekuatan tulang, gigi, gusi, kesehatan kulit dan dapat menyembuhkan luka serta penguatan pembuluh darah.

Inilah manfaat yang terkandung dalam rumput laut. Dan kita boleh bangga karena Indonesia, yang dua pertiga wilayahnya merupakan kawasan laut tropika, merupakan negeri produsen rumput laut terkemuka di dunia.

More From: Sehat