5 Penyebab Hiu Akan Punah Dari Dunia


hiu

Palingseru.com – Kini Hiu telah menjadi perhatian global  dan diperdagangkan dalam berbagai bentuk, tidak hanya sirip kering saja. Ada 1.145.087 ton produk hiu yang diperdagangkan secara global setiap tahunnya.

Padahal hiu adalah spesies yang populasinya terancam punah dan lambat reproduksinya. Melonjaknya jumlah permintaan sirip dan produk-produk hiu lainnya menyebabkan terjadinya penangkapan besar-besaran terhadap satwa ini.

Berikut ini adalah penyebab-penyebab mengapa hiu terancam punah dari dunia.

1. Industri pemancingan ikan

Lebih dari 60 tahun terakhir, populasi hiu didunia turun drasti. Perikanan komersial menargetkan hiu di posisi pertama. Mulai dari sirip, daging, minyak ikan, hingga tulang rawan ikan hiu pun laris dijual di pasaran dengan harga tinggi.

2. Dibunuh tak sengaja

Banyak spesies hiu kecil mati sia sia. Hal ini disebabkan oleh Bycatch, yaitu penangkapan secara tidak sengaja, lalu dibunuh begitu saja.

3. Harga jual sirip tinggi

Peningkatan harga sirip hiu ini sangat berdampak buruk pada populasi hiu. Karena harga sirip hiu yang melambung tinggi, akan menyebabkan terjadinyan penangkapan besar-besaran terhadap hiu.

4. Minim perhatian

Minimnya perlindungan terhadap hiu ini menyebabkan hiu terancam punah. Karena secara global, pengelolaan spesies hiu tidak cukup memadai untuk melindungi populasi sang predator.

5. Mendapat cap buruk

Karena ukurannya yang terbilang sangat besar, Hiu sering mendapat cap buruk dari manusia. Manusia berfikir hiu seolah-olah hewan pembunuh yang mematikan. Cap buruk ini membuat hiu seakan akan harus dibunuh.

Itulah penyebab penyebab mengapa hiu terancam punah.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik