4 Cara Alami Atasi Keputihan


keputihssn

Palingseru.com – Keputihan atau Flour Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. Keputihan normal adalah keputihan yang sering terjadi setiap bulannya, biasanya pada saat menjelang menstruasi, sesudah menstruasi, atau saat masa subur. Sedangkan keputihan abnormal adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi, biasanya disertai rasa gatal dan berbau busuk. Yang sering menyebabkan keputihan ini adalah bakteri, jamur, virus, dan juga parasit.

Keputihan abnormal ini akan menimbulkan peradangan pada saluran kencing, dan menyebabkan rasa perih saat si penderita kencing. Keputihan abnormal ini perlu diwaspadai, karena keputihan ini mungkin gejala dari penyakit dalam organ kandungan seperti kanker rahim dan sebagainya.

Nah, berikut ini ada beberapa cara alami dan mudah untuk mengobati keputihan.

1. Bawang putih

Bawag putih memiliki sifat antibiotik atau anti jamur, kamu bisa gunakan bawang outih untuk mengatasi keputihan. Konsumsilah bawang putih sebanyak 2-4 siung dalam sehari, atau kamu bisa olesi pada daerah kewanitaan yang terkena. Tapi jika kulit terasa perih atau panas, hindari penggunaan bawang putih dengan cara diolesi.

2. Yogurt

Hanya dengan mengonsumsi semangkuk yogurt setiap hari,  kamu dapat atasi keputihan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya dengan cara memasukan yogurt kedalam vagina, sebanyak dua kali sehari.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mwngandung zat yang disebut asam asetat, cuka sari apel juga mengandung beberapa asam laktat, sitrat dan malat. Bahan ini dipercaya sebagai anti bakteri dan anti jamur. Kamu bisa menggunakan dengan cara mencampurkan air hangat dengan satu cangkir cuka sari apel, lalu gunakan untuk berendam selama 20 menit.

4. Kunyit

Kamu juga bisa mneggunakan kunyit untuk mengatasi keputihan dengan cara, siapkan 20 gram kunyit yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih, 10 gram daun sambiloto kering, dan 15 gram kulit delima kering. Kemudian bahan-bahan tersebut di rebus dengan 800 cc air, lalu sisakan 300 cc air rebusan tadik. Kamu bisa meminum air rebusan tadik dua kali sehari.

Nah, itulah kelima cara untuk mengatasi keputihan yang disertai rasa gatal dan berbau busuk, semoga ini dapat bermanfaat bagi penderitanya.

 

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat