Ini Caranya Bedakan Smartphone Asli dan Palsu


smartphone

Palingseru.com – Berkembangnya teknologi di era modern ini, menjadikan smartphone semakin digemari oleh banyak orang. Namun, ada juga orang yang memanfaatkan keadaan ini untuk mengambil keuntungan yang besar. Salah satunya adalah dengan menjual produk palsu tiruan dari smartphone yang saat ini laris dijual dipasaran.

Mereka menawarkan produk smartphone tiruan ke publik dan menjualnya dengan harga yang lebih murah. Dengan begitu banyak sekali orang-orang yang tergiur untuk membelinya. Kecurangan ini perlu di antisipasi.

Nah, kali ini palingseru.com berbagi informasi mengenai cara untuk membedakan smartphone asli dengan yang palsu. Dengan begitu kamu tidak mudah tertipu saat membeli smartphone yang kamu inginkan.

1. Melihat dari spesifikasinya

Pada umumnya, smartphone yang asli mampu berjalan di jaringan minimal GSM 850/900/1800/1900 DAN 3G HSDPA 800/900/1900/2100, namun, untuk perangkat palsu tidak bisa.

Selain itu, kamu juga bisa membedakan dari spesifikasi prosessornya. Kemudian dari kapasitas RAM dan ROM nya. Kapasitas RAM dan ROM dari smartphone asli akan lebih besar, sedangkan yang palsu akan sangat terbatas, sekitar 512MB saja.

2. Melalui data exif

Kamu dapat mengetahui dengan mudah produk asli atau palsu dengan data exif foto yang kamu ambil dari kamera perangkat dari smartphone tersebut. Ketika hasilnya dicek di galery dan di pindahkan ke PC , makan akan terlihat data lengkapnya di properties.

3. Memeriksa bentuk, desain, dan warna

Produk asli akan memiliki bentuk, desain, dan warna yang berbeda. Berat, ukuran layar, serta detain dari perangkat juga bisa membedakan yang palsu dan asli.

4. Performa

pada umumnya, akses dan pengoperasian perangkat palsu akan lebih lambat dibanding dengan perangkat asli. Hal itu dikarenakan kapasitas RAM perangkat palsu sangat kecil untuk digunakan multi-tasking dengan cepat.

5. Memeriksa NFC Connectornya

Saat kamu melepas baterai dari perangkat, maka akan terlihat NFC connectornya yang berupa seperti jalur timah kuning. Pada perangkat palsu NFC connector tersebut akan terlihat sangat jelas, sedangkan yang asli akan terlihat sedikit saja seperti dilindungi.

6. Kualitas dan harga

Produk asli akan dijual tentunya dengan harga yang mahal, sedangkan produk palsu pasti akan dijual dengan harga yang lebih murah.

Nah, itulah cara-cara untuk membedakan produk asli dengan produk palsu, kamu harus mengetahui cara-cara diatas tadi, agar tidak mudah tertipu dengan produk yang palsu.

 

 

Baca Juga : 5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan

More From: Gadget